Lihat ke Halaman Asli

Yogya Gempa, Malam Ini Tahap Penenangan Warga

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

OLEH: Khoeri Abdul Muid

Innalillah gempa berkekuatan 4,5 SR melanda Gunungkidul, D.I. Yogyakarta sore ini pukul 18.21 WIB. Warga berlarian keluar dari gedung untuk menyelamatkan diri. Tak ada kerusakan akibat gempa ini. Namun karena guncangannya cukup kuat sehingga warga masih panik.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa terjadi di 7.9 LS-110.95 BT dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa berada di 9 km barat laut Gunungkidul. (detikcom, Rabu 2/4/2014).

Pasca gempa yang meskipun tidak terlalu berdampak secara material tetapi secara immaterial yakni terutama perasaan ketakutan bahkan trauma saya rasa malam ini masih kuat menghiasi penduduk Gunungkidul dan sekitarnya.

Kebetulan saya 5 tahun tinggal dan bergaul akrab dengan masyarakat Yogya bahkan mengambil skripsi Budaya Gotong Royong Masyarakat Sorowajan Bantul Yogyakarta. Sehingga saya memprediksi setidaknya malam ini mereka tidak bisa tidur dan suasana gotong royong berjaga-jaga pasti terasa solid di kampung-kampung Gunungkidul.

Dari fihak pemerintah via BMKG kiranya perlu segera memperjelas keterangan-keterangan kemungkinan ilmiah kejadian-kejadian pasca gempa ini, apakah ada susulannya atau tidak dan langkah-langkah apa yang direkomendasikan kepada warga terutama pada malam hari ini.

Dan, kita berdoa semoga tidak ada gempa susulan dan keadaan semakin tenang seperti sedia kala. Amin.***




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline