Lihat ke Halaman Asli

Kurikulum 2013, Setiap Minggu Bikin Jadwal

Diperbarui: 18 Juni 2015   06:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

OLEH: Khoeri Abdul Muid

Penyusunan jadwal pembelajaran dalam Kurikulum 2013 (K-13), terutama di SD, ternyata sangatlah berbeda dengan pembuatan jadwal pelajaran pada kurikulum-kurikulum sebelumnya yang hanya disusun sekali saja (Senin-Sabtu) sekaligus bisa diperuntukkan selama setahun.

Sekarang, setiap minggunya guru SD harus menyusun jadwal baru. Sebab, pembelajaran K-13 SD menggunakan model pembelajaran Tematik Terpadu, yang setiap pembelajarannya dalam tema dan sub tema yang berbeda maka mata pelajaran yang terlibat juga berbeda-beda pula.

Dalam pembelajaran Tematik Terpadu, tema berperan sebagai pemersatu kegiatan dengan memadukan beberapa muatan pelajaran sekaligus. Karenanya, jadwalnya, lebih tepat disebut jadwal pembelajaran, bukan jadwal mata pelajaran.

Contoh, pembelajaran K-13 di kelas 4.

Bahwa kelas 4 dalam setahun memiliki 9 tema. Tema semester satu berjumlah 4dan semester dua ada 5. Setiap tema, dibagi ke dalam 4 sub tema yang masing-masing sub tema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran memakan waktu 1 hari sekolah.

Sehingga praktis, setiap sub tema membutuhkan waktu 6 hari (1 minggu) sekolah, yang dengan demikian, karena1 tema terdiri dari 4 sub tema, maka alokasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan 1 tema ialah 1 bulan sekolah.

Dan, untuk 9 tema dibutuhkan 9 bulan efektif. Selebihnya untuk kegiatan penilaian (ulangan tengah/akhir semester), pengayaan atau remidial.

Karenanya, jadwal simpelnya dapat digambarkan sebagai berikut:

No.

Hari Ke-

Pembelajaran Ke-

1

1

1

2

2

2

3

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline