Lihat ke Halaman Asli

Ayah, Kenapa Aku Gendut?

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ya, memang anak perempuan memiliki jaringan lemak lebih banyak daripada anak laki-laki, sifat ini akan terus bertahan hingga dewasa. Berat badan rata-rata anak usia 10 tahun lebih besar 11 pon dibandingkan berat rata-rata anak pada usia 40 tahun yang lalu – sekitar lebih dari 82 pon untuk anak laki-laki dan 89 pon untuk anak perempuan. Apalagi untuk zaman sekarang banyak berbagai macam makanan yang dapat memicu pertumbuhan lemak.

Dalam kasus ini, saya mengangkat kisah seorang anak perempuan berumur 5 tahun bernama Nana yang terlahir dari keluarga yang notabene mayoritas mempunyai anggota keluarga kurus, akan tetapi perempuan kecil ini berbadan gemuk.

Di sore hari, ketika keluarga kecil ini sedang berkumpul. Dengan kepolosannya, Nana bertanya kepada sang ayah “yah, kenapa aku gendut?”. Ayah pun langsung terdiam saat mendengar pertanyaan dari putri kesayangannya ini. Sangat tumben sekali sang putri menanyakan hal tersebut, Entah apa yang mendorong Nana menanyakan hal konyol semacam ini. Terasa asing di telinga sang ayah. Lalu si anak dengan antusiasnya, dengan rasa penasarannya, terus menanya kepada sang ayah sembari melihat ke arah ibu, dan 2 kakaknya yang pada saat itu sedang makan makanan ringan yang disajikan oleh sang ibu. Belum sempat ayah menjawab, Ibu segera tanggap dan meluruskan pertanyaan Nana sembari mencairkan suasana saat itu yang mendadak hening. “Nak, nana masih kecil.. nana bukan gendut, akan tetapi nana masih dalam proses pertumbuhan, nana masih membutuhkan makanan banyak untuk nutrisi, jadi nana tidak perlu khawatir ketika nana kelihatan sedikit berisi”.

Ayah pun langsung membenarkan pernyataan ibu, “nah itu semua benar nak, kamu seharusnya tidak perlu bertanya hal semacam ini”, “loh tapi kenapa ayah, ibu, kak adi, kak reno tidak punya badan gendut?”, sahut Nana.“Nana anakku sayang, kak reno dan kak adi itu seorang laki-laki, nah perlu kamu ketahui seorang anak perempuan itu memiliki jaringan lemak lebih banyak daripada anak laki-laki, sifat ini akan terus bertahan hingga dewasa dan satu lagi yang perlu kamu ketahui, kegemukan seseorang juga bisa karena faktor genetik. Nah, ingat nak.. nenek asri mempunyai badan gendut, jadi bisa kamu mengikuti faktor genetik dari nenek asri, tapi Nana tidak usah khawatir, jika memang nana tak menginginkan badan gendut, ketika memasuki remaja nanti Nana bisa mengatur pola makan yang seimbang, jadi Nana tidak akan memiliki badan gendut, begitu nak..”. Dengan suara rendah sambil tersipu malu, Nana berkata “iya ibukku sayang, Nana faham, Maafkan saya ya kak reno kak adi, Ibu dan Ayah”. Akhirnya gadis kecil ini pun memahaminya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline