Lihat ke Halaman Asli

Khilmah Muyassaroh

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Prodi Ilmu Komunikasi NIM 21107030105

Olahanan Khas Wonosobo Carica

Diperbarui: 29 September 2022   13:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: Dokpri

Carica Adalah makanan khas dari daerah Wonosobo. Makanan ini berasal dari buah carica yang diawetkan dengan sirup. Ukuran buah carica lebih kecil dari pepaya. Buah carica biasanya diawetkan terlebih dahulu untuk dijadikan sirup lalu dimasak. Mahasiswa KKN di Desa Semayu 2022 berkesempatan langsung melihat bagaimana cara memproses buah carica menjadi manisan yang layak dikonsumsi.

Dalam proses pembuatan manisan carica dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu sortasi buah, pengupasan, perendaman dengan air panas, pemisahan daging buah dan biji, pencucian , pemerasan, pemasakan air dan gula pasir, perebusan sampai mendidih

Sumber Foto: Dokpri

Mulanya buah ini hanya menjadi olahan khas daerah Wonosobo, tetapi seiring dengan berkembangnya zaman, untuk mengkonsumsi buah ini tidak hanya dengan harus berkunjung ke wonosobo melainkan dapat di pesan atau dibeli melalui mitra penjualan online

Tentu saja sangat jelas hal ini akan membantu penjualan para petani buah carica, pengolah sirup carica untuk menjajakan dagangannya ini sehingga angka ekonomi akan secara langsung terdongkrak .

Sumber Foto: Dokpri

Zaman sekarang ini sudah banyak juga riviwers makanan yang mengcoba olahan dari buah carica, hal ini jelas akan membuat semakin terkenalnya carica di daerah-daerah lain serta pengolahan carica akan semakin berkembang tidak hanya sebatas pembuatan sirup atau manisan saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline