Lihat ke Halaman Asli

Khilmah Muyassaroh

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Prodi Ilmu Komunikasi NIM 21107030105

Kopi Lamuk Lereng Sumbing

Diperbarui: 13 September 2022   08:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: Dokpri

Indonesia adalah aalah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang menghasilkan biji kopi terbaik di duinia, tidak sedikit petani yang mengembangkan usaha, bakat, modal yang mereka miliki untuk terjun dalam pengembangan biji kopi di tiap masa nya .

Desa lamuk adalah salah satu daerah diantara banyaknya daerah lain yang menghasilkan kopi, kerap dikenal dengan kopi lamuk lereng sumbing- Mahendra Kopi.

Sumber Foto: Dokpri

Pada musim KKN ini, kelompok 017 dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto berkesempatan untuk terjun langsung ditengah masyrakat yang sebagian besarnya bermata pencaharian sebagai petani kopi ini.

Desa Lamuk maju di bidang Hortikultura. UMKM di Desa Lamuk sejauh ini yaitu Kopi Lamuk. Kopi ini sebagai khas dari desa Lamuk yang diambil dari lereng gunung sumbing.

Jelas saja bahwa kopi ini tidak hanya dinikmati oleh penduduk setempat melainkan juga menjadi sumber mata pencaharian melalui penjualan dan pengolahan kopi lamuk yang semakin berkembang

Dengan harapan dapat menaikkan angka ekonomi masyarakat sendiri dan daerah tersebut, melestarikan apa yang sudah dijaga secara turun temurun serta mampu mengenalkan kopi lamuk hingga kemanca dunia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline