Lihat ke Halaman Asli

Khilmah Muyassaroh

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Prodi Ilmu Komunikasi NIM 21107030105

Malam Memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia

Diperbarui: 24 Agustus 2022   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: Dokpri

Kemerdekaan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, maksudnya adalah untuk merayakan segala bentuk perjuangan rakyat Indonesia yang telah berjuang untuk memperebutkan kemerdekaan dari tangan para penjajah

Di desa Balekambang sendiri memiliki kegiatan rutinan dalam menyambut kemerdekaan republik Indonesia, yaitu kegiatan Tasyakuran.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap malam 17 Agustus untuk meningkatkan rasa patriotisme dan mempererat silaturahmi warga balekambang agar lebih kompak dan saling guyub rukun

Hasyim Ngabdul Rosyid, tutur (Lurah Balekambang)"

Kegiatan tasyakuran ini kerap diisi dengan beberapa runtutan acara Sambutan dari tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kepala desa, Doa bersama untuk para pahlawan, serta adanya pemotongan  tumpeng yang dijadikan sebagai hidangan dalam acara.

Masyarakat bersuka cita menyambut malam 17 Agustus dengan berbagai macam kegiatan yang diadakan seperti halnya yang telah dipaparkan di atas. Disamping itu terdapat pula pementasan seni yang dibawakan oleh pemuda dan ibu-ibu PKK seperti Rebana dan Paduan Suara.

Sumber Foto: Dokpri

Besar harapan masyarakat dalam tasyakuran yang dilakukan yaitu Indonesia yang semakin baik lagi kedepannya dengan kesejahteraan masyarakatnya dan  kekayaan alam berfungsi sebagaimana mestinya, dan semua itu telah dititip pada doa tiap warga desa Balekambang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline