Lihat ke Halaman Asli

Khilmah Muyassaroh

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Prodi Ilmu Komunikasi NIM 21107030105

7 Langkah Mengelola Diri Sendiri Menjadi Lebih Baik

Diperbarui: 13 Juni 2022   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: selectppe.co.za

Menjaga kehidupan tetap teratur tentunya tidak mudah. Kita perlu menyeimbangkan banyak hal dalam hidup, seperti keuangan, keluarga, maupun kesenangan diri sendiri. Sayangnya, terkadang kita tidak dapat menyeimbangkan seluruh hal sehingga ada beberapa unsur di kehidupan yang tidak berjalan dengan semestinya.

Dibawah ini terdapat 7 tips agar anda dapat mengatur hidup anda dengan teratur bersamaan dengan cara jitu dalam menerapkannya di semua bidang penting di kehidupan anda, seperti pekerjaan, sekolah, bisnis, rumah, kesehatan, keuangan, dan hubungan anda. 

Dengan mengikuti tips dibawah ini dan menerapkannya secara konsisten, anda dapat mengatur hidup anda dengan lebih tenang dan dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan tanpa menambah stres.

1. Kembangkan kebiasaan dan bangun rutinitas

Kita semua memiliki kebiasaan dan rutinitas yang telah kita lakukan selama bertahun-tahun. Pertanyaannya adalah apakah kebiasaan ini disengaja atau hanya instingtif?

Kebiasaan baik mengatur kita untuk kesuksesan jangka panjang dan membuat kita menjadi lebih baik. Sedangkan kebiasaan buruk merampas waktu, kesehatan, kebahagiaan, dan uang kita. Lihatlah kebiasaan dalam hidup anda untuk melihat hal yang telah anda berhasil lakukan, apa yang perlu dilakukan, dan kebiasaan baru apa yang akan membantu anda mencapai tujuan anda.

Membangun kebiasaan baik memanglah tidak mudah. Menurut James Clear dalam karyanya yang berjudul Atomic Habits, kita perlu memiliki alasan kuat dibalik alasan kita ingin mengembangkan kebiasaan tertentu. Setelah anda memiliki kebiasaan yang anda inginkan dalam hidup anda, kemudian jadikan rutinitas harian yang membuat anda tetap produktif.

2. Rencanakan ke depan

Buatlah kalender sebagai alat untuk merencanakan dan mengatur kehidupan anda kedepannya. Luangkan waktu untuk memetakan dan merencanakan hari-hari anda kedepan. Hal ini dapat membantu anda untuk mengelola waktu sehingga anda dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline