Lihat ke Halaman Asli

Matahari Tengah Malam 'Midnight Sun' di Norwegia

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1 . Peta Norwegia

Norwegia adalah negara yg berada di utara Benua Eropa, yg berbatasan langsung dengan Semenanjung Skandinavia ini sangat dekat dengan kutub utara dan memiliki keunikan alamnya tersendiri dan tidak banyak negara yg memiliki keunikan ini.  Beberapa negara yg memiliki fenomena ini adalah Kanada, Greenland (Denmark), Swedia, Finlandia, Rusia.

Disana terdapat fenomena yg sangat unik yg biasa disebut ‘Matahari Tengah Malam’ atau ‘Midnight Sun’. Mungkin tidak semua orang tahu mengenai fenomena yg satu ini. Maka dari itu saya akan mencoba menjelaskannya sedikit mengenai ‘Midnight Sun’.

Gambar 2 . Matahari yg terbit di malam hari

sumber gambar : http://www.listento.no/mic.nsf/doc/art2012062013123443142137

Fenomena itu terjadi dimana matahari selalu muncul selama 24 jam dan tidak pernah terbenam. Sehingga pada malam haripun matahari selalu ada, tepatnya berada di horizontal. Kita bisa melihat matahari tengah malam itu jika cuaca sedang tidak berawan. Fenomena ini biasa muncul pada musim panas. Bahkan di daerah kutub bisa terjadi selama 6 bulan,  dengan kata lain selama 6 bulan itu tidak ada pergantian siang dan malam.

Gambar 3 . Matahari sedang berada di horizontal

sumber gambar : http://www.fjordtravel.no/program_arctic_summer.html

Gambar 4 . keadaan matahari tengah malam di daerah kutub utara

sumber gambar : http://splitboard.com/talk/viewtopic.php?f=5&t=13548

Dampak dari fenomena midnight sun ini bisa membuat orang cepat marah dan kehilangan moodnya, karena bisa anda bayangkan sendiri selama 24 jam matahari terus bersinar dan tidak mau terbenam, itu bisa menyebabkan tempramen seseorang meningkat sehingga orang bisa cepat marah. Sedangkan bagi muslim yg sedang berpuasa disana juga sepertinya harus ekstra sabar menunggu berbuka puasa karena waktu siang disana jauh lebih panjang di bandingkan dengan Indonesia.

Bagi para pelancong yang mau melihat midnight sun di Norwegia, anda 1. Longyerbyen (Spitzbergen): Apr 20 – Aug 20 2. North Cape (Nordkapp): May 14 – July 30 3. Hammerfest: May 16 – July 27 4. Tromsø/Tromso, Hausberg: May 20 – July 22 5. Narvik, Hausberg: May 25 – July 18 6. Lofoten & Vesterålen: Late May – Mid July 7. Bodø/Bodo: July 4 – July




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline