Lihat ke Halaman Asli

Khikam Alwinaja

Mahasiswa 2023/23107030024 UIN sunan Kalijaga

Dari Hobi Menjadi Peluang Usaha: Kisah Sukses Budidaya Goldfish di Jogja

Diperbarui: 5 Juni 2024   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumen pribadi

Di tengah hiruk pikuk keramaian kota Yogyakarta, di balik sebuah rumah kos, tersembunyi sebuah dunia kecil yang penuh warna dan kehidupan. Tepatnya di dusun Jetis Jogopaten, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Di sana, ada kolam - kolam yang indah di dalam sebuah komplek kos, di dalamnya banyak ikan - ikan mungil dengan warna - warna yang indah, sirip - sirip yang berkibar lembut, dan mata bulat yang sangat lucu. Mereka adalah ikan - ikan koki atau sering dikenal dengan sebutan Goldfish, ikan hias dengan  karakteristik yang sangat unik, yang membuat banyak pecinta ikan berminat untuk memelihara bahkan membudidayakannya.

Di kota yang terkenal dengan seni dan budayanya ini, budidaya ikan Goldfish sudah bukan hanya sekadar menjadi sebuah hobi, melainkan telah menjelma menjadi sebuah profesi yang sangat menjanjikan. Dengan tekad dan pengalaman yang kuat, serta mendedikasikan diri untuk merawat dan meng-growming (mengembangkan) ikan - ikan mungil ini, menjadikannya aset yang sangat berharga yang mampu menembus pasar lokal, bahkan tingkat internasional untuk ikan Goldfish kelas kontes.

Salah satu tokoh yang menorah jejak di dunia perGoldfish-an di Jogja adalah Mas Husain, seorang pria asal temanggung yang sekarang berprofesi sebagai manager di salah satu kantor pengiriman paket di Jogja, yang sekaligus mengembangkan usaha budidaya ikan Goldfish di tempat domisilinya sekarang. Mas husain ini telah menekuni budidaya ikan goldfish selama lebih dari 5 tahun dengan berbagai jenis dan warna.

"awalnya saya dulu hanya coba - coba melihara beberapa ikan Goldfish saja, tapi lama lama saya sering beli dan mengenal dengan salah satu pembudidaya di daerah Berbah, dari situ saya semakin tau dan mendapat banyak pengalam tentang ikan Goldfish ini, dan akhirnya saya mencoba untuk mengembangkannya sendiri", ungkap Mas Husain (04/06/2024).

Sumber : Dokumen pribadi

Perjalanan Mas Husain dalam dunia perGoldfish-an tidaklah mudah. Ia harus belajar dari banyak pengalaman, dan banyak bertukar informasi dengan para pembudidaya ikan Goldfish lainnya. Saat ini ia masuk dalam banyak komunitas ikan Goldfish baik itu komunitas kelas budidaya maupun kelas kontes. 

Komunitas ini juga tidak hanya ada di jogja seperti komunitas AGY GOLDFISH, tetapi juga di luar jogja seperti komunitas MGC GOLDFISH di Magelang, komunitas Cikarang, Jakarta, Lampung dan masih banyak lainnya.

"Berawal saya kenal dengan pemilik Genkay farm Goldfish di Berbah, akhirnya saya semakin tahu dan benyak pengalaman dari sana hingga saya dan pemilik Genkay Farm Goldfish membuat komunitas AGY GOLDFISH YOGYAKARTA. Dari komunitas ini akhirnya saya mendapatkan banyak channel dengan komunitas - komunitas Goldfish lain", jelas Mas Husain (04/06/2024).

Sumber : Dokumen pribadi

Dalam mengembangkan usaha dan memelihara ikan Goldfish ini juga tidak semudah yang dibayangkan. Ia harus berjuang menghadapi berbagai tantangan, seperti mengatasi penyakit ikan, perubahan cuaca, dan pesaing pasar. Namun, tekad dan semangatnya tak pernah padam. Ia terus belajar dan berinovasi, hingga akhirnya berhasil menciptakan ikan - ikan Goldfish yang berkualitas tinggi yang banyak diminati oleh para konsumen maupun kolektor.

"untuk growming ikan - ikan Goldfish ini kita harus telaten, kita harus memperhatikan bagaimana kondisi ikan, menyediakan tank yang mencukupi, memperhatikan kualitas air, dan kualitas pakan untuk ikan - ikannya, Agar proses growming ini menghasilkan ikan Goldfish yang jos", ujar Mas Husain (04/06/2024).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline