Lihat ke Halaman Asli

Kheyene Molekandella Boer

Apapun Yang Terjadi Jangan Pernah Menyalahkan Tuhan

Euforia CPNS: PNS Bukan Segalanya

Diperbarui: 13 Mei 2020   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SUMBER FOTO : https://kaltim.tribunnews.com

Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negri Sipil 2019 telah dibuka. Berbagai formasi diserbu oleh puluhan pelamar dari berbagai penjuru nusantara. Doktrin menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) nampaknya masih kental ada di benak sebagian besar masyarakat Indonesia. PNS (Pegawai Negeri Sipil) menjadi pilihan akhir dari sekian banyak jenis pekerjaan  dengan beragam alasan seperti : "kalau jadi PNS stabilitas ekonomi lebih baik".

Dunia memang keras, berbagai cara dilakukan untuk bisa menjadi PNS mulai dari menjamurnya buku -- buku latihan soal, les bimbingan belajar khusus untuk tes CPNS, hingga maraknya jimat-jimat yang dijual untuk mempermudah kelulusan saat mengerjakan soal-soal saat tesbahkan ada yang mencoba berkali-kali hingga batas usia yang ditentukan yakni 35 tahun pada umumnya.

Menjadi ASN adalah tugas berat karena memberikan hampir sebagian besar hidup untu kepentingan Negara, menjalankan pelayanan public dengan optimal, memiliki integritas yang tinggi dan etika yang baik. Sungguh tanggung jawab yang bukan main-main.

Doktrin yang diturunkan turun menurun untuk menjadi PNS ternyata masih juga tak berlaku bagi sebagain orang. Anak-anak milineal nampaknya sudah banyak menggeser stigma tersebut.

Milineal kini banyak memilih terjun ke dunia swasta, yakni lebih tertarik untuk menjadi pengusaha. Kita lihat banyak sekali anak-anak muulai berbisnis seperti memiliki coffee shop, menjalankan online shop dan masih banyak lagi dan tentunya penghasilan yang mereka dapatkan-pun tergolong besar untuk rentan seusia mereka.

Ini suatu kemajuan besar, dimana banyak anak muda masih melihat banyak 'pintu' atau peluang diluar sana untuk tetap berinovasi bukan sebatas memandang sebuah kesuksesan hanya sekedar dar satu pintu belaka.

Yap memang swasta memiliki tantangan tersendiri,penuh resiko dan meski tak punya jaminan hari tua seperti seorang abdi negara justru inilah yang membuat mereka terus kreatif dan berinovasi untuk dapat memaksimalkan potensi diri yang mereka miliki.

Jadi PNS atau tidak, kedua-nya adalah pilihan. Dunia tidak akan runtuh jika Anda  tidak memakai seragam kopri dan tidak memiliki nomor induk pegawai sebagai identitas seorang abdi Negara.

Kaum milineal diharapkan mampu merubah stigma bahwa bekerja tak harus PNS, yang terpenting bukan status PNS namun mampukah kita memberikan sesuatu hal baik dan turut berkontribusi untuk Negara meski bukan menjadi seorang ASN.

Lapangan pekerjaan semakin luas sejak adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat. Beragam profesi baru muncul yang bahkan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah seperti conten creatif dll. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan untuk tetap mampu memberikan karya untuk Negara karena itu-pun merupakan salah satu pengabdian kepada Negara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline