Lihat ke Halaman Asli

KHAULA ULINNUHA MUBAROKFURI

Mahasiswa SKPM IPB UNIVERSITY

Peluang di Era Digital, Media Sosial sebagai Lapak Bisnis dan Membangun Merek Bisnis

Diperbarui: 15 Mei 2024   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Bogor - Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi salah satu platform utama bagi pelaku bisnis untuk memperluas jangkauan mereka, menjual produk atau layanan, dan membangun merek mereka. Dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, media sosial bukan hanya sekadar alat untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, tetapi juga lapak virtual yang sangat potensial untuk mengembangkan bisnis.

Dilansir dari laman databoks, aplikasi dengan pengguna terbanyak kedua di Indonesia adalah Instagram dengan 85,3%, diikuti Facebook 81,6%, dan TikTok 73,5%. Sebagian dari mereka menggunakan media sosial sebagai blog pribadi, dan sebagian lainnya menggunakan untuk mengenalkan dan mempromosikan produk usaha baik pribadi maupun bersama. Selain itu, saat ini  jumlah orang yang menggunakan media sosial untuk berbisnis terus meningkat secara signifikan seiring dengan pertumbuhan dan penetrasi internet yang lebih luas. 

Banyak keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan media sosial sebagai lapak bisnis. Berikut beberapa keuntungan dari menggunakan media sosial sebagai lapak bisnis yaitu: 

  1. Meningkatkan jangkauan dan keterlibatan pelanggan dalam berbisnis karena memiliki akses langsung ke pelanggan. 

  2. Dengan mudah memfasilitasi penjualan secara langsung kepada pelanggan yang didukung oleh fitur belanja yang beragam.

  3. Meningkatkan Brand Awareness dengan konten yang menarik dan kreatif. 

  4. Mendorong pertumbuhan bisnis yang signifikan dengan menawarkan promosi khusus, tautan langsung ke situs web, hingga membangun pasar bisnis baru. 

Segala peluang dan kemudahan yang diberikan tidak menjamin semua orang dapat melihat dan memanfaatkannya. Dengan jangkauan yang luas tanpa terbatas ruang dan waktu media sosial adalah ladang bisnis yang menjanjikan jika kita mampu mengelolanya untuk meningkatkan branding dari produk kita. Maka dari itu berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan guna membangun branding produk di sosial media khususnya instagram dan Tiktok:

  1. Membangun branding usaha melalui Instagram

Membangun citra merek usaha melalui instagram dapat menjadi strategi yang efektif untuk memperluas jangkauan pasar. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membangun citra usaha melalui media sosial Instagram: 

  1. Tentukan Tujuan dan Identitas Merek

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline