Lihat ke Halaman Asli

Khasiatun Amaliyah

Mahasiswa FISIP Universitas Negeri Semarang

Apa Itu Search Query? Pengertian dan Kegunaannya dalam Produktivitas Website

Diperbarui: 27 Juli 2024   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Belajar Memahami Search Query, Sumber: Freepik.com)

Search query atau yang lebih populer dengan kueri penelusuran adalah frasa atau kata yang diketikkan oleh pengguna atau user saat melakukan aktivitas penelusuran di internet. Sebagian besar dari kita tentu sudah sering melakukannya, bahkan hampir setiap hari. Apakah, kamu menyadarinya? Jadi, apa yang dimaksud dengan search query itu? Benarkah, kita sering melakukannya, bahkan hampir setiap hari?

Search query, adalah kata atau frasa yang diketikkan, lalu akan memberikan atau muncul berbagai hasil penelusuran yang relevan, terkait apa yang kita cari itu. Inilah yang dimaksud dengan search query. Namun, istilah search query ini masih kurang populer di kalangan banyak orang. Namun, bagi seorang penulis di website atau seorang content writer, istilah search query ini bukan menjadi hal baru. Query yang digunakan oleh user atau pengguna dalam melakukan penelusuran internet itu bisa berbeda-beda. Meskipun, mungkin dua atau lebih dari user yang sedang mencari satu informasi sama, namun bisa dipastikan user akan menggunakan  query yang berbeda-beda.

Selain itu, ada juga istilah "keyword" hampir sama dengan search query, tapi berbeda.  Bagi orang awam atau mungkin pemula, akan mengira bahwa search query dan keyword itu sama. Padahal search query dan keyword adalah dua hal yang berbeda, namun saling berkaitan satu sama lainnya.  Jika, search query adalah kata atau frasa yang digunakan oleh user atau pengguna di internet dalam melakukan penelusuran. Maka, keyword adalah kumpulan kata yang digunakan seorang Content Writer, SEO Specialist, maupun seorang Digital Marketer untuk membuat suatu konten. Search query juga kombinasi dari berbagai keyword yang relevan dengan apa yang dicari dalam penelusuran internet. Jadi, sampai sini sudah paham ya apa yang dimaksud dengan search query dan apa perbedaannya dengan keyword itu? Pasti sudah!

Bagi seorang Digital Marketer misalnya, sangat penting untuk memahami strategi, cara penggunan, dan kegunaan dari search query dalam meningkatkan produktivitas penjualan secara online maupun secara digital. Tujuannya, agar terjadi peningkatan visibilitas konten pada mesin pencarian dan untuk memastikan agar konten yang telah dibuat dapat ditemukan dengan mudah oleh user, audience, atau pengguna yang relevan. Berikut ini contoh dari search query, misalnya: sepatu olahraga perempuan, jaket olahraga nyaman perempuan, dst. Nah, kalau kamu apa yang sering diketikkan atau dicari dalam mesin penelusuran di internet selama ini?

Jenis-jenis Search Query

Terdapat beberapa jenis dari search query yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

  1. Search Query Informational

Search Query Informational merupakan kata atau frasa yang digunakan oleh user maupun pengguna untuk menelusuri informasi tertentu atau lebih spesifik. User atau pengguna biasanya belum mengetahui secara pasti apa yang dibutuhkan, maka akan digunakan query yang lebih umum. Umumnya berbentuk pertanyaan, tujuannya agar memperoleh jawaban maupun penjelasan dari informasi yang ingin diperoleh lebih secara spesifik dan jelas. Contoh dari jenis search query informational ini adalah: Cara Membuat Roti Bolu Mudah, dst. Query jenis ini bertujuan untuk memberikan user informasi lengkap dan akurat untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan mereka.

  1. Search Query Navigational

Search Query Navigational ini digunakan jika user atau pengguna ingin melakukan penelusuran pada suatu website tertentu.   Kata atau frasa yang sering digunakan umumnya berhubungan dengan nama perusahaan, produk, lembaga, jasa, maupun kata atau frasa lain yang menunjukkan identitas. Biasanya user atau pengguna bisa langsung menulis langsung identitas untuk memperoleh pengetahuan tentang apa yang mereka cari. User atau pengguna juga bisa melakukan penelusuran secara langsung dengan pencaharian yang lebih spesifik berdasarkan identitas merek, produk, jasa, atau perusahaan tertentu. Tanpa harus melalui pencaharian yang lebih luas.

  1. Search query transactional

Search Query Transactional adalah kata maupun frasa yang umumnya digunakan oleh user atau pengguna saat melakukan penelusuran di internet dengan tujuan melakukan transaksi pembelian atau tindakan lainnya. Bisa juga untuk menemukan suatu penawaran maupun informasi yang memungkinkan user atau pengguna melakukan transaksi secara langsung. User atau pengguna ini biasanya cenderung menggunakan kata kunci yang lebih spesifik terkait produk atau jasa yang ingin mereka beli.

  1. Search Query Commercial Investigation

Search Query Commercial Investigation ini digunakan oleh user atau pengguna yang sedang dalam proses pertimbangan. Misalnya masih membandingkan berbagai pilihan yang ada. Maka, query ini berfungsi untuk memberikan ulasan, perbandingan, maupun informasi yang bersifat komparatif, sehingga dapat membantu user atau pengguna untuk mengambil keputusan dalam melakukan pembelian secara terinformasi.

  1. Local Query

Local Query biasanya digunakan user atau pengguna untuk mencari layanan maupun produk pada lokasi tertentu. Tujuannya, agar user atau pengguna dapat menemukan pilihan terdekat dari tempat mereka berada. Query jenis ini umumnya dipakai untuk mencari informasi yang lebih spesifik terkait layanan maupun produk yang dibutuhkan pada batas wilayah geografis tertentu.

Cara Mengoptimalkan Query dalam Penelusuran Internet

Mengapa penting untuk melakukan pengoptimalisasian query dalam penelusuran internet? Agar, informasi yang user dapatkan lebih relevan dan sesuai dengan yang diinginkan. Setelah mengetahui tentang search query pada pembahasan sebelumnya dan jenis-jenis search query. Maka, diharapkan user atau pengguna sudah mulai paham tentang search query dan tentang bagaimana menggunakannya sesuai dengan jenis dan kebutuhan. Demikian, maka hasil pencaharian dalam aktivitas penelusuran internet tidak akan terlalu meluas atau melebar, melainkan lebih spesifik, dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Selain itu, terdapat juga cara yang bisa dilakukan untuk melakukan optimalisasi pada search query, bagi user atau pengguna. Diantaranya, untuk mengetahui informasi atau pengetahuan apa yang ingin dicari dalam mesin pencaharian. Ini berkaitan dengan jenis-jenis query yang akan user gunakan. Selain itu, bagi user tidak ada cara khusus terkait dengan penggunan search query. 

Bagi seorang penulis, content writer, dan digital marketer, maupun aspek bidang digital lainnya. Penting untuk memahami terkait search query. Mulai dari apa itu search query, perbedaannya dengan keyword, jenis-jenis query, dan bagaimana penggunaannya. Jika masih bingung tentang search equary, kamu bisa coba praktik langsung dengan mulai coba belajar tentang search equry melalui kursus-kursus online gratis maupun berbayar dalam konteks SEO maupun digital marketing. Search query biasanya juga akan disinggung dalam pembahasan kursus tersebut. Kamu juga bisa secara spesifik mencari pelatihan atau kursus yang secara khusus membahas search engine optimization.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline