Soal pelayanan kepada pelanggan adalah soal empati. Bagaimana kita menempatkan posisi kita sebagai pelanggan. Ikut merasakan apa yang dialami dan keluhkan.
Kita sering mendengar ungkapan bahwa pelanggan adalah seorang raja. Beberapa perusahaan juga menyematkan slogan "Kami ada untuk melayani Anda", "Kami hadir untuk Anda", "Kami adalah solusi setiap masalah Anda". Tidak heran jika pelaku bisnis berlomba menjadi yang terbaik dalam melayani pelanggan.
Kepuasan pelanggan menempati posisi penting untuk masa depan perusahaan. Pertama menjaga citra baik perusahaan, kedua agar tercipta repeat order. Efek yang diharapkan adalah ketika pelanggan menceritakan pengalaman baiknya kepada keluarga, tetangga, atau orang terdekat. Ada kesempatan repeat order yang lebih besar.
Saya pernah meminta solusi kepada atasan terkait masalah pelanggan, yang menurut saya sebetulnya itu murni terjadi karena keteledoran pelanggan. Beliau hanya menjawab, "Bagaimana jika kamu berada di posisi pelanggan?". Hemm.. sejanak saya terdiam dan berpikir. Sampai akhirnya memutuskan solusi yang tidak memberatkan kedua belah pihak.
Soal pelayanan kepada pelanggan adalah soal empati. Bagaimana kita menempatkan posisi kita sebagai pelanggan. Ikut merasakan apa yang dialami dan keluhkan. Sehingga kita bisa menemukan solusi yang tepat.
Jika pelayanan kita bagus dan pelanggan merasa puas,tidak menutup kemungkikan akan repeat order bahkan akan me-referensikan ke orang sekitar. Karena sebetulnya alasan pelanggan memutuskan membeli produk kita bukan hanya karena barangnya, tapi juga karena pelayanannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H