Lihat ke Halaman Asli

Kharis Ramadhan

Universitas Diponegoro

Membantu Pembangunan Drainase Desa, Mahasiswa KKN Undip Membuat Gambar Kerja dan Rencana Anggaran Biaya Untuk Pembangunan Drainase Desa Tambi

Diperbarui: 12 Februari 2023   11:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DOKPRI

Pemalang (06/02/2023), Mahasiswa Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur Universitas Diponegoro melakukan Kuliah Kerja Nyata di salah satu desa yang ada di Kecamatan Watukumpul, tepatnya di Desa Tambi. Kharis Ramadhan yang salah satu program kerjanya yaitu pembuatan Gambar Kerja dan Penyusunan RAB untuk pembangunan drainase guna memanfaatkan Dana Desa 2023 Desa Tambi.

Desa Tambi merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Watukumpul yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Desa Tambi merupakan desa yang terletak di pegunungan dan berbatasan langsung dengan Kec Purbalingga tepatnya Desa Danasari. Desa Tambi adalah salah satu desa yang memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga drainase merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting agar air hujan dapat dialirkan dengan baik dan tidak menggenang di jalan yang dapat merusak jalan desa.

Program Kerja ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan perangkat desa dalam pembuatan Rencana Gambar Kerja serta pembuatan Rencana Anggaran Biaya salah satunya drainase. Pembangunan drainase ini nantinya akan dibangun sepanjang 100 meter dan berbatasan langsung dengan Desa Badak. Pembuatan Gambar Kerja dikerjakan menggunakan software AutoCAD dan untuk pembuatan Rencana Anggaran Biaya menggunakan Excel.

DOKPRI

Dengan terlaksananya program kerja ini, Sekertaris Desa Tambi yaitu  Bapak Saryono berharap Gambar Kerja dan Rencana Anggaran Biaya yang telah dibuat dapat memudahkan pembangunan dan kedepannya pembangunan drainase ini dapat segera terlaksana yang juga merupakan salah satu kegiatan untuk pemanfaatan Dana Desa 2023.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline