Lihat ke Halaman Asli

kharisma putri

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2

Pelaksanaan Proyek Kepemimpinan "Islamic Story Telling" Mahasiswa PPG UAD di TPA Baitusallam

Diperbarui: 28 Oktober 2023   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TPA BaitusalIam, Nepen, Sleman.

Proyek Kepemimpinan (PK) adalah salah satu mata kuliah yang ada dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 2 pada prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Ahmad Dahlan. Dalam mata kuliah PK ini mahasiswa ppg belajar bagaimana membuat suatu proyek yang bertujuan untuk melatih mahasiswa ppg dalam berpartisipasi atau terjun langsung membantu komunitas Pendidikan yang ada di masyarakat.

Program atau proyek ini dilakukan secara berkelompok beranggitakan 6 orang dengan tugasnya masing-masing. Nama proyek dari kelompok kami yaitu kegiatan pendampingan belajar "Islamic Story Telling" di TPA Baitussalam Nepen, Candibinangun, Pakem, Sleman. Kelompok kami memutuskan untuk memilih TPA Baitusallam ini karena kebetulan berdekatan dengan rumah salah satu anggita kami sehingga memudahkan kami untuk mengurus akes perijinan untuk melaksanakan proyek kami di TPA tersebut.

Setelah mendapatkan perijinan dari pihak TPA, maka kami langsung menjalankan proyek kami. Koordinator kegiatan Islamic Story Telling dari kelompok kami mengungkapkan jika kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program pelatihan membaca cerita Bahasa Inggris yang diberikan kepada tenaga pengajar TPA Baitussalam Nepen, Candibinangun, Pakem, Sleman. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan para pengurus TPA dalam melakukan kegiatan Story Telling cerita-cerita Islam berbahasa Inggris.

Durasi waktu pelaksanaan pelatihan untuk pengurus/tenaga pengajar TPA kurang lebih selama 4 minggu dengan jumlah 6 orang pengurus dari TPA Baitusallam yang berpartisipasi dan kebanyakan dari mereka merupakan remaja SMA. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan 1 kali seminggu pada hari sabtu. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan salah satu mahasiswa ppg mempraktekan story telling dari salah satu cerita Islami yang telah disediakan. Setelah itu diberi arahan terkait bagaimana melakukan story telling yg baik dan apa saja aspek-apek yang penting dalam sebuh kegiatan story telling ini. Setelahnya juga diberikan arahan private terkait mekanisme dalam praktik story telling ini, 1 mahasiswa mengajari 1 pengurus TPA untuk memaksinalkan waktu yang ada. Kegiatan story telling ini memanfaatkan media storyboard yang di desain dengan gambar dan tulisan yang bervariasi yang mana disesuaikan dengan audience yang kebanyakan adalah anak-anak TPA. Begitu juga pada minggu-minggu dilakukan bimbingan private, sampai pada minggu ke 4 tiba saat pengurus TPA untuk mempraktekan Islamic story telling ini di depan anak-anak (santri) TPA Baitusallam yang berjumlah 36 anak.

Praktek Story Telling

Proyek kepemimpinan kelompok kami diterima dengan baik oleh pihak takmir masjid dan pengelola TPA Baitusallam. "Kegiatan bercerita kisah-kisah nabi dengan menggunakan Bahasa inggris ini sangat berkesan dan memberikan variasi kegiatan baru pada TPA Baitisallam ini. Kegiatan ini patut untuk dilanjutkan" ungkap ketua pengelola TPA Baitusallam.

Beberapa video dan gambar dari proyek kepemimpinan di TPA Baitusalam ini kami tampilkan pada pameran gelar karya proyek kepemimpinan 2 yang merupakan salah satu agenda kampus sekaligus bukti bahwa kelompok kami benar-benar menjalankan proyek kempimpin pada komunitas pendidikan di masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline