Lihat ke Halaman Asli

Mencari Pemimpin Ideal untuk daerah Pulau Sumbawa

Diperbarui: 7 September 2024   15:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Ada pepatah mengatakan bahwa  "ikan busuk dimulai dari kepalanya"   jika kata-kata dari peribahasa tersebut diresapi secara mendalam maka akan didapati bahwa peribahasa tersebut merupakan sebuah ungkapan personifikasi yang syarat penuh makna yang mendalam dan sangat pas disematkan  pada  seorang pemimpin  di negara kita saat ini. Perbuatan yang mereka jalani  dalam pemerintahanya kerap  kali menuai perpecahan dan ancaman  malapetaka  bagi rakyatnya. Penggalan kalimat  "'ikan busuk dimulai dari kepalanya"  Merupakan  Representasi gaya para pemimpin yang memiliki karakteristik perilaku culas (buruk). Adapun gaya  pemimpin ini sering ditandai dengan membuat  beberapa kebijakan yang fatal tanpa harus mempertimbangkan kemaslahatan bersama. dorongan kepentingan pribadi yang tidak mempedulikan sama sekali  nilai-nilai egalliter kemanusiaan: baik itu kesetaraan maupun keadilan pada rakyatnya. Sehingga akan cenderung  menimbulkan Perlakuan disparitas dan  konflik yang  berkepanjangan di tengah masyarakat oleh perlakuan dari kebijakan pemimpin culas tersebut.


    Selain dari  Kepala ikan yang busuk, apakah anggota tubuh yang lainya akan turut serta  busuk juga? Maka sayapun menjawabnya dengan tegas  "iya!!" Jikalau kita memperhatikan selama ini kepala ikan busuk menjadi titik tonggak awal massivenya  penularan penyakit  Sehingga, apabila kita tidak mampu  menyingkirkan kepala ikan yang sudah terlanjur busuk tersebut maka seiring waktu badan dan ekornya pun juga akan busuk juga. Itulah mengapa kepala ikan yang busuk merupakan makna simbolik yang direpresentasikan sebagai pemimpin yang mempunyai kepribadian moral yang buruk. sedangkan, ekor merupakan bagian dari masyarakat itu sendiri yang mengalami kerusakan dari penyakit yang tertular di sebabkan oleh pemimpinya yang dijadikan sebagai cerminan pedoman hidup yanh di tiru.
 
   Beranjak dari peristiwa di atas, saya mengajak masyarakat  kabupaten Sumbawa agar bisa lebih cerdas dalam mengambil bagian  untuk memanfaatkan hak suara pemilihan secara bijak. yang saat ini  tinggal menghitung hari  akan mengadakan pesta demokrasi pemilihan calon kepala daerah. Namun yang jadi masalah hingga saat ini dalam pemilihan kepala daerah ataupun presiden sebelumnya, masyarakat  kita terkesan acuh-tak acuh  dan  kurangnya minat akan kesadaran  mengenai pemahaman  literasi   kepemimpinan  suatu daerah/negara. mereka akan bersikap cenderung tidak mau tahu dan bahkan tidak memilih sama sekali (golput) dalam menentukan nasib mereka di tangan pemimpin mereka.  untuk itulah memilih pemimpin  yang ideal dan sejalan dengan visi dan misi  menuju terwujudnya  arah perubahan Pulau sumbawa harus diiringi pula oleh  pengetahuan dasar fondasi yang kuat mengenai ilmu kepemipinan pemerintahan sesuai dengan sistem demokrasi.

  Berbicara mengenai kepemimpinan pada hakikatnya kita akan membicarakan mengenai sesosok indvidu yang  mempunyai marwah  kharismatik dan kebijaksanaan yang sangat di idam-idamkan oleh khalayak masyarakat luas terlebih lagi  pemimpin yang mampu  mengatur dan mengawasi rakyatnya dalam menjalani hidup sebagai warga negara yang baik.

     Pemimpin  sejati, seharusnya bisa mengedepankan Sense of Belonging (Rasa Memiliki) peduli dengan apa yang ia miliki entah itu suatu objek benda mati atau pun makhluk hidup (masyarakat). Rasa memiliki sepenuhnya didorong oleh sepenuh hati merupakan  kriteria utama yang akan mampu  menjaga dan merawat rakyatnya dalam memiliki massa depan dan tujuan hidup  yang lebih baik. Rasa Memiliki  merupakan modal utama dalam menjalankan kepemimpinan layaknya seorang Superhero, pemimpin harus hadir disetiap saat ketika dibutuhkan dan juga menjadi garda terdepan dalam melindungi  dan memelihara rakyatnya dari keterancaman marabahaya.

Lalu kiranya pemimpin seperti apa yang kita butuhkan saat ini untuk membawa nama daerah Sumbawa  Harum di kancah nasional.
Sayapun mencoba memberikan pandangan mengenai  Pemimpin yang sesuai dengan  kriteria sistem demokrasi yang kita anut saat ini.

      Pertama, pemimpin meritokrasi  pemimpin ini sangat ideal untuk masyarakat kita, mengapa? Karena,  pemimpin ini terlahir dengan pengalaman, kecakapan dan kompetensi yang  sesuai dengan kapasitas kemampuanya ataupun sebuah capaian prestasi yang di dapatnya berdasarkan pengalaman dan ilmu pengetahuan sebagai seseorang pemimpin.  melainkan bukan  dari status sosial yang tinggi (privillage) ataupun dengan modal kekayaan financial.

      Kedua, Kakistokrasi  pemimpin yang Tak memiliki kapasitas dan kapabilitas  dalam memimpin sebuah negara/daerah yang di kuasainya.  Kriteria pemimpin seperti ini harus di hindari karena ia  tidak dapat bisa diperhitungkan dalam menjalankan  proses kepemimpinan yang amanah. Mereka akan lebih cenderung mementingkan kehidupan pribadi dan koleganya entah itu pengusaha, partai, kaum elit dan mafia  yang memiliki status sosial yang lebih tinggi  (Opportunis). dibandingkan, mereka memperjuangkan nasib keadaan masyarakat kelas bawah (Populis).


     Kurangnya Sense of Awarness yang tidak mempedulikan rakyatnya cenderung melahirkan gaya kepemimpinan yang kakistokrasi dan Otoriter ini mereka akan bertindak semaunya dalam mengontrol dan mengawasi masyarakat. Saat menjalankan sistem pemerintahan mereka tak segan-segan akan menggunakan proses  kekerasan  mereka akan menindas dan mengintervensi masyarakat kelas bawah Melalui berbagai kebijakan dan keputusan  yang dibuatnya. sering kali  pemimpin bertangan besi ini  alergi terhadap kritikan  mereka tak segan juga membungkam kritikan masyarakat di ruang publik serta membatasai ruang gerak dan hak-hak Kebebasan  berpartisipasi dalam setiap aktivitas berwarganegara.

Melalui ulasan singkat di atas saya berharap keresahan dan kebingungan yang selama ini menghinggapi benak hati  Masyarakat Pulau Sumbawa, mampu memilih kriteria seorang pemimpin sesuai dengan hati nurani tanpa adanya dorongan dan paksaan dari luar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline