Lihat ke Halaman Asli

Kharisma Nur F

Agroindustrialist

Peran Kita dalam Menjaga Stabilitas Harga Barang Kebutuhan Pokok

Diperbarui: 14 April 2018   00:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Apa ya maksud dari kalimat "Menjaga Stabilitas Harga Barang Kebutuhan Pokok"? Mari kita lihat dulu definisi beberapa kata yang diperlukan berikut ini.

Menjaga/men*ja*ga/ v menunggui (supaya selamat atau tidak ada gangguan); mengiringi untuk melindungi dari bahaya; mengawal; mengawasi sesuatu supaya tidak mendatangkan bahaya; mengurus ; merawat

Stabil/sta*bil/ a mantap; kukuh; tidak berubah-ubah; tetap; tidak naik turun (tentang harga barang, nilai uang, dan sebagainya). Stabilitas/sta*bi*li*tas/ n kemantapan; kestabilan; keseimbangan

Barang kebutuhan pokok, adalah barang yang menyangkut hajat hidup orang banyak dengan skala pemenuhan kebutuhan yang tinggi serta menjadi faktor pendukung kesejateraan masyarakat (Perpres No 71 th 2015)

Sejahtera/se*jah*te*ra/ a aman sentosa dan makmur; selamat

Kesejahteraan/ke*se*jah*te*ra*an/ n hal atau keadaan sejahtera; keamanan, keselamatan, ketenteraman

Masyarakat/ma*sya*ra*kat/ n sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama

Bagaimana sudah jelas definisinya? Dari susunan kata pada kalimat tersebut, terlihat bahwa frasa utamanya adalah "Harga Barang Kebutuhan Pokok".  Untuk mempermudah analisis, saya mencoba menjabarkannya melalui Mapping.

Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi stabilitas harga barang kebutuhan pokok ini. Harga merupakan hal yang wajib dibahas, karena ini mempengaruhi aktivitas dan pergerakan ekonomi masyarakat.

dok. pribadi

Seperti namanya, barang kebutuhan pokok menjadi kebutuhan dasar di masyarakat yang harus dipenuhi. Tingkat harga yang terlalu tinggi, dapat berimbas pada menurunnya daya beli konsumen terhadap kebutuhan lainnya. Penyebab langsung kenaikan harga ini dapat dipicu oleh adanya oknum yang mencari keuntungan singkat dengan menaikkan harga serta ketersediaan barang yang terbatas.

Kebijakan pemerintah tentang penetapan batasan harga, harga eceran tertinggi (HET) dirasa sudah tepat untuk menghindari permainan harga. Penanganan kenaikan harga karena ketersediaan barang yang terbatas, perlu dianalisis secara mendalam dan diselesaikan secara bertahap.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline