Lihat ke Halaman Asli

Khansa Biantari Alika

A science student

KKN TematikK UPI 2021: Tips Pendampingan Anak oleh Orangtua dalam Pembelajaran di Era Pandemi

Diperbarui: 17 Juli 2021   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Orangtua mempunyai kewajiban dan tanggung jawab besar dalam pendidikan anak dalam proses belajar. Orangtua mempercayakan sekolah untuk mendidik anak mereka agar mendapatkan pendidikan yang baik, namun peran orangtua menjadi sangat berpengaruh semenjak dilakukan pembelajaran dari rumah. 

Tidak hanya membantu dalam proses belajar, orangtua juga diharapkan dapat membimbing seluruh proses kegiatan belajar mengajar di rumah. 

Seperti halnya turut mengetahui jadwal pelajaran anaknya, menyediakan fasilitas belajar anak, mengetahui kemajuan belajar anak, peduli terhadap kesulitan yang dihadapi anak dan berusaha mendukung keberhasilan belajar anak.

Dalam proses pembelajaran tidaklah terlepas dari beberapa faktor, yaitu pendidik, alat bantu pendidikan dan gaya belajar. Sebagai pendidik di rumah, tidak semua orang tua memiliki waktu untuk mendampingi anak belajar di masa pandemik, namun perlu diingat bahwa peran orangtua sangatlah dibutuhkan. Selain kendala waktu, orangtua mungkin sulit memahami pelajaran serta memberikan motivasi kepada anak saat belajar. Adaptasi terhadap pembelajaran jarak jauh tidak hanya dibutuhkan oleh anak dan guru namun juga dari orang tua dalam mendampingi anak mereka belajar dari rumah. Pengawasan orang tua dalam proses pembelajaran daring sangat menentukan hasil belajar yang optimal.

Dalam mendidik anak di masa pandemi dibutuhkan tidak hanya keterampilan, namun juga pengetahuan dan sikap yang memadai untuk orang tua. Keberhasilan dalam mendidik anak di rumah sangat membutuhkan peran dari semua pihak. Untuk mencapai proses pembelajaran dari rumah yang baik, ada beberapa tips yang dapat diikuti oleh para orangtua diantaranya:

  1. Membantu anak dalam membuat jadwal kegiatan dan menentukan aturan belajar yang disetujui oleh orangtua dan anak.

  2. Membantu anak secara aktif dalam memberikan ide untuk melakukan kegiatan sehari-hari disamping kegiatan sekolah.

  3. Membangun komunikasi yang baik dengan anak dan menjadi contoh yang baik untuk anak. 

  4. Mendidik anak agar dapat mengendalikan diri, bertanggung jawab dan menyimak pemberian materi saat belajar. 

  5. Mengatur waktu dalam mendampingi anak saat belajar, mengerjakan tugas dan aktivitas lainnya. 

  6. Membantu anak melakukan refleksi mengenai kegiatan yang sudah dilakukan pada hari tersebut. Komunikasi yang baik akan hal tersebut juga diperlukan.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline