Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Kelompok 130 UIN Saizu Gelar Sosialisasi Pendampingan Digitalisasi UMKM Secara Door To Door di Desa Kaliwungu

Diperbarui: 14 Agustus 2024   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan digitalisasi UMKM secara door to door, Jum'at 09/08/2024/ kelompok 130

Kaliwungu, Balapulang -- Semakin berkembangnya zaman sekarang di era digital, sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan UMKM, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 130 menggelar sosialisasi pendampingan digitalisasi UMKM secara door to door. Sosialisasi tersebut digelar secara door to door atau dari rumah ke rumah di desa Kaliwungu, Balapulang, Tegal pada tanggal 03 sampai 09 Agustus 2024. Sosialisasi ini dilakukan kepada UMKM tahu pak kuri, tempe murni asli kaligandu, dan seblak araa. Tujuan adanya sosialisasi ini untuk memperkuat daya saing UMKM di era digital dan agar dikenal lebih luas lagi. 

Dilakukannya sosialisasi tersebut mulai dari observasi dan wawancara kepada para UMKM. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mendatangi beberapa rumah UMKM. Tujuannya untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan ketika melakukan pemasarannya selama ini. 

Di hari selanjutnya memberikan edukasi terhadap para UMKM dari rumah ke rumah. Di dalam edukasi ini menjelaskan tentang pentingnya digitalisasi produk di era sekarang. Kemudian menjelaskan juga pentingnya logo, kemasan, banner dan lebel agar mudah di ingat oleh para konsumennya. 

Pada hari terakhir, melakukan pendampingan pembuatan media sosial UMKM, membuat titik google maps, pembuatan logo sebagai identitas produk, dan pembuatan banner. 

Untuk membantu umkm dalam pemasarannya dari kami membuat video yang berisikan proses pembuatannya yang nantinya akan di share ke media sosial kami dan media sosial para pemilik umkm agar lebih dikenal dan di ingat tidak hanya oleh masyarakat sekitar saja tetapi masyarakat luas. Selain itu kami juga memasukkan umkm tersebut ke lapak desa yang terdapat di dalam website desa Kaliwungu. 

Penyelenggaraan sosialisasi door to door ini disambut antusias oleh para UMKM tersebut. " Ibu merasa senang dan banyak berterima kasih karena dengan adanya sosialisasi ini membuat ibu menjadi lebih mengetahui bagaimana memasarkan di media sosial". Ujar salah satu umkm yang berada di Kaliwungu.

 Sosialisasi ini dilaksanakan karena masih ada beberapa UMKM di desa Kaliwungu yang belum sepenuhnya mengetahui cara memanfaatkan teknologi digital dalam usahanya, dengan harapan setelah adanya sosialisasi ini bisa memberitahu para UMKM agar bisa lebih memanfaatkan lagi teknologi digital di era sekarang. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline