Lihat ke Halaman Asli

Bijak Dalam Menggunakan Teknologi Itu Sangat Penting

Diperbarui: 20 Juni 2021   01:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://tirto.id

Di era modern seperti sekarang ini teknologi informasi sudah berkembang dengan pesat. Dengan adanya smartphone dan internet, seseorang dapat mencari informasi dengan mudah dan cepat. Namun yang perlu diketahui, hal ini berdampak pada hidup seseorang loh.

Dampak positif yang diterima adalah;

  • Kita dapat dengan mudah menerima informasi dengan cepat
  • Dapat berkomunikasi dengan siapa saja, kapan saja dan dimana saja
  • Mendapatkan kemudahan layanan seperti kita bisa memesan tiket secara online, reservasi tempat makan, berbelanja online
  • Menjadi media hiburan
  • Bisa berbagi ilmu dan hal hal positif

Namun, dengan adanya perkembangan teknologi bukan berarti tidak memiliki dampak negative. Dampak negative yang diterima adalah;

  • Banyaknya hoax (berita palsu) yang beredar
  • Meningkatnya cyber bullying dan penipuan
  • Perkembangan teknologi juga dapat mengakibatkan seseorang malas untuk bersosialisasi dengan sekitanya
  • Berkurangnya privacy seseorang

Yang sekarang sedang maraknya adalah menggunakan media sosial untuk mem-bully seseorang dan menipu orang banyak. Padahal hal ini dapat merugikan diri sendiri loh karena sudah terdapat UU ITE yang mengatur tentang informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik. UU ITE diadakan dikarenakan tingginya kasus penghinaan terhadap seseorang sehingga berdampak pada psikologis orang tersebut. Tidak hanya penghinaan, kasus penipuan pun hingga saat ini masih banyak ditemukan, hal ini sangat merugikan seseorang terutama finansialnya. Mengkontrol diri sendiri dalam bermain sosial media itu sangat penting. Apabila kita merugikan seseorang dampaknya pun akan balik ke diri sendiri apalagi sudah ada UU ITE yang mengatur hal tersebut, seseorang bisa dipenjara bertahun-tahun hanya karena tidak dapat mengkontrol ketikannya di media sosial.

Kita harus bisa memanfaatkan teknologi informasi yang ada sebaik-baiknya, seperti untuk mencari informasi terkini, mencari kebenaran berita agar tidak termakan oleh berita hoax atau untuk memperluas ilmu pengetahuan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline