Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UMUS Adakan Pelatihan Te Tobag Ecoprint

Diperbarui: 12 Maret 2023   01:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Brebes-Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS)  Ekstensi Priode II melalui DOMBA (Domisili Bangun Desa). Mengadakan kegiatan pembuatan tote bag ecoprint bersama anak-anak berusia 6 sampai 12 tahun yang .  Tanjali Inayah selaku pelaksana kegiatan mengungkapkan kegiatan ecoprinting ini membantu dalam mengisi kegiatan anak-anak untuk dapat berkreasi dengan menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kita. 

"Kami ingin mengajak para anak-anak untuk lebih cinta alam terhadap lingkungan melalui bakat" kata Inayah dalam proses belajar membuat ecoprint.

Kegiatan tersebut memberikan edukasi bagaimana cara mengelolah sampah organik yang bisa menambah daya jual dan ekonomi. Teknik ecoprint merupakan suatu proses mentransferkan warna pada kain dan bentuk pada kain putih. Teknik ecoprint digunakan untuk menghias permukaan suatu kain dengan berbagai bentuk dan warna (perwarnaan) yang dihasilkan dari alam. 

Teknik ecroprint menggunakan bahan alam tumbuhan berupa daun, batang, bunga, ataupun buah sehingga tercipta motif dengan bentuk-bentuk alam. Terdapat 2 teknik pada pembuatan produk ecoprint yakni teknik paunding dan teknik kukus.

" Praktek dan teknik pembuatan tote bag ecoprint sangat mudah dan menyenangkan sehingga kami juga tidak merasa kesulitan dalam pembuatanya." kata anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan pengabdian ini membantu anak-anak agar memperoleh keterampilan lebih dan juga memberikan kesempatan buat anak-anak dalam berekspresi sebaik mungkin karena didalam pembuatan tote bag ecoprint memberikan peluang buat anak-anak dalam memperoleh pengetahuan dan juga pengalaman baru. Pada kegiatan ini juga membantu kesadaran anak-anak dalam mengolah sampah agar dapat diolah dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline