Lihat ke Halaman Asli

Khalid Pirmansyah

mahasiswa universitas Muhammadiyah Jakarta

Peran, Tantangan dan Upaya Peningkatan Bahasa Indonesia Dalam Era Komunikasi Digital di Tiktok

Diperbarui: 26 Mei 2024   22:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

   Media sosial merupakan platform komunikasi yang berfokus pada keberadaan pengguna dan memfasilitasi mereka dalam beraktivitas dan berkolaborasi. Mengacu pada pengertian tersebut,  dapat dikatakan bahwa jejaring sosial hanyalah sebuah alat atau media yang disesuaikan dengan proses komunikasi yang dilakukan oleh manusia sebagai penggunanya. Segala kejadian atau kemeriahan dalam jejaring sosial merupakan hasil interaksi yang dilakukan oleh manusia sebagai pengguna sarana yang disediakan oleh jejaring sosial.

   Salah satu platform komunikasi online yang banyak diakses oleh masyarakat segala usia saat ini adalah TikTok. Meski masih terbilang baru, TikTok masuk dalam daftar 10 besar jejaring sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Aplikasi berlogo not  musik ini semakin populer dan banyak digunakan oleh masyarakat global ketika pandemi virus corona melanda pada awal tahun 2020.

   Berdasarkan data  We Are Social  kuartal I tahun 2022, pengguna aktif TikTok di seluruh dunia telah mencapai  1,4 miliar.  Indonesia menempati urutan kedua setelah Amerika Serikat dengan 99,1 juta pengguna aktif Tiktok. Banyaknya pengguna TikTok antara lain disebabkan oleh fakta bahwa aplikasi ini memberikan rangsangan daya tarik utama  bagi manusia, yaitu audiovisual.

   Dalam konteks komunikasi, audiovisual sangat bermanfaat baik bagi komunikator maupun penerimanya. Berkat pesan audiovisual, komunikator dapat menyampaikan pesan-pesan abstrak dengan lebih mudah dan leluasa, yang tentunya juga membantu komunikator untuk lebih mudah memahami dan mengingat pesan yang disampaikan, namun selalu dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Di TikTok, komunikator menggunakan video yang diiringi musik atau rekaman audio sebagai sarana untuk mengekspresikan dan menyampaikan pesannya.

 Di pihak media (publik), selain dapat menikmati program yang dibawakan oleh media, pengguna yang berperan sebagai khalayak juga dapat memberikan tanggapan berupa postingan (komentar) terhadap konten yang dilihatnya atau mengungkapkan reaksinya terhadap konten yang dilihatnya. Mengingat fitur-fitur yang ditawarkan TikTok, tidak heran jika aplikasi ini menjadi penting dan sangat populer di kalangan masyarakat umum maupun pihak atau organisasi yang ada untuk menyampaikan pesan tertentu.

   Bagi masyarakat awam, TikTok merupakan wadah untuk mengembangkan kreativitas, memperoleh ilmu baru, mencari hiburan, informasi, dan memperluas jejaring sosial. Sementara bagi sebagian pihak, aplikasi ini membantu mereka dengan mudah melakukan edukasi, melakukan awareness, mengkampanyekan, mempromosikan dan meningkatkan brand image mereka untuk menarik khalayak dalam skala kecil maupun besar. Pada dasarnya komunikasi merupakan kebutuhan pokok manusia dalam  kehidupan sehari-hari.

   Di era digital saat ini, cakupan komunikasi  semakin luas dan tidak terbatas dengan hadirnya media sosial sebagai platform yang memudahkan interaksi manusia sebagai penggunanya. TikTok sebagai salah satu dari sekian banyak media sosial hadir untuk memfasilitasi proses komunikasi yang tidak hanya sebatas  interaksi personal melalui audio dan visual tetapi juga mencakup kedua unsur tersebut (audio-visual), menjadikan aplikasi ini semakin diapresiasi oleh banyak kalangan.

    Bahasa Indonesia memiliki peran yang krusial dalam komunikasi di TikTok. Sebagai bahasa resmi Indonesia, bahasa Indonesia digunakan oleh sebagian besar pengguna TikTok di Indonesia. Dalam konteks ini, bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan ide, pesan, dan emosi melalui video pendek. Bahasa Indonesia juga menjadi identitas budaya dan nasional bagi pengguna TikTok di Indonesia.

  1.  Bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam era komunikasi digital di TikTok seperti:

a. Menyampaikan informasi.

   TikTok dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi, seperti berita, tutorial, dan hiburan. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat membantu pengguna dalam memahami informasi yang disampaikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline