Lihat ke Halaman Asli

khalda fauziah

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

KKN Tematik UPI 2022 : Membangun Desa Melalui Edukasi Pentingnya Pemeliharaan Insfrastuktur dan Cara Aman dalam Berinternet di Desa Mekarjati

Diperbarui: 8 Agustus 2022   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sedang melaksanakan program KKN atau Kuliah Kerja Nyata dengan tema "Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan Rekognisi MBKM" yang diwajibkan untuk mahasiswa semester 6. 

KKN ini berlangsung selama 30 hari dimulai tanggal 11 Juli 2022 dan berakhir di 10 Agustus 2022. KKN Tematik tahun 2022 ini dilaksanakan secara daring di kediaman atau domisili masing-masing mahasiswa sehingga manfaat dari KKN ini dapat menjangkau lebih banyak daerah di Indonesia.

KKN Tematik UPI Tahun 2022 ini diikuti oleh 7.089 mahasiswa yang dibagi menjadi 241 kelompok KKN yang didampingi masing-masing 1 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di setiap kelompoknya dan mendapatkan 1 tema.

 Program dan kegiatan dari SDG's dan KKN Tematik UPI diantarannya yaitu dengan melaksanakan kegiatan berdasarkan tema yang sudah dibagi di tiap kelompoknya masing-masing diantaranya yaitu : 

(1) Desa Tanpa Kemiskinan, (2) Desa Tanpa Kelaparan, (3) Desa Sehat dan Sejahtera, (4) Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi, (5) Desa Kawasan Pemukiman Aman dan Nyaman, (6) Desa Peduli Pendidikan, (7) Desa Ramah Perempuan, (8) Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata, (9) Desa Insfrastuktur dan Inovasi, (10) Desa Tanggap Budaya, (11) Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan, (12) Desa Berjejaring, (13) Kelembagaan Desa Dinamis, (14) Konsumsi dan Produksi Desa, (15) Desa Tanpa Kesenjangan, (16) Desa Peduli Lingkungan Laut,

Khalda Fauziah , salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang mengikuti KKN Tematik UPI tahun 2022 dengan nomor kelompok 159 yang mendapat tema "Desa Insfrastuktur dan Inovasi" melakukan kegiatan KKN di Desa Mekarjati Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu. 

Khalda melakukan kegiatan KKN di desa Mekarjati dikarenakan Desa mekarjati adalah tempat tinggalnya dan Khalda ingin mensosialisasikan kepada masyarakat desa Mekarjati khususnya anak-anak usia sekolah agar dapat membantu memelihara insfrastuktur dan mengetahui cara yang aman dalam berinternet supaya insfrastuktur yang ada tidak mudah rusak dan dapat bijak dalam berinternet.

Sebelum kegiatan KKN dilaksanakan, pada tanggal 12 Juli 2022 Khalda melakukan perizinan dan sosialisasi kepada Kepala desa Mekarjati. Lalu melakukan wawancara dengan sekertaris desa terkait tema KKN dan mendata Insfrastuktur yang ada di desa mekarjati. 

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Khalda yang berdomisili di Desa Mekarjati Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu yang merujuk tema "Desa Insfrastuktur dan Inovasi" adalah dengan mulai mengenalkan cara memelihara insfrastuktur dan cara aman dalam berinternet. 

Karena memelihara insfrastuktur yang ada didesa merupakan kewajiban setiap warga dan karena banyak kejahatan melalui digital kita harus tahu cara yang aman dalam berinternet.

Pada sosialisasi kali ini, Khalda memperlihatkan dan menjelaskan sebuah poster yang menarik kepada anak-anak di desa Mekarjati yang berisi ajakan untuk memelihara insfrastuktur dan memberikan edukasi tentang cara aman dalam berinternet. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline