Lihat ke Halaman Asli

Khairuz Zaman

Mahasiswa D3 Teknik Kimia

Peran Mahasiswa Menjaga Ideologi Pancasila

Diperbarui: 3 Oktober 2024   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PERANAN MAHASISWA MENJAGA IDEOLOGI PANCASILA

 

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa yang memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila menempati kedudukan yang paling tinggi, sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sebagai sumber hukum dasar nasional dalam tata hukum di Indonesia.. Selain menjadi cita-cita dan tujuan bangsa, Pancasila memiliki peranan yang sangat penting sebagai pedoman dalam setiap aktivitas di berbagai bidang masyarakat Indonesia. Pentingnya pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila, terutama bagi kalangan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Hal tersebut  membuat Pancasila bersifat fleksibel dan dapat mengikuti perkembangan zaman di eraglobalisasi yang dapat mengancam ideologi pancasila.

Bangsa Indonesia selalu meperingati Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 01 Oktober setiap tahun. Memperingati Hari Kesaktian Pancasila dilakukan untuk mengenang jasa para Pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI. Perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan ideologi bangsa perlu dilanjutkan pada generasi berikutnya karena sejatinya mempertahankan ideologi bangsa merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, mahasiswa dan seluruh rakyat Indonesia.

Mempertahankan Pancasila berarti menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menggantinya berarti mengancam eksistensi Negara Indonesia. Bayaknya ancaman seperti imperealisasi budaya, globalisasi, korupsi, kesenjangan sosial dan ekonomi, penyalagunaan kekuasaan, propaganda serta ektremisme dan radikalime yang dapat merusak asas peersatuan, toleransi dan keadilan yang mengancam kedamaian di negara ini. Oleh karena itu, sangat penting bagi mahasiswa untuk mempertahankan dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan pribadi dan sosial kita. Sebagai generasi muda, mahasiswa memiliki peran penting dalam mengisi pembangunan dan mempertahankan ideologi serta kemerdekaan negara dan ideologi pancasila dari hal-hal yang mengancamnya. 

Sebagai penerus bangsa, mahasiswa memiliki peran penting untuk menjaga keutuhan nilai-nilai Pancasila dan berperan sebagai pilar pondasi dan penggerak pembangunan bangsa. Kita juga harus memastikan bahwa Pancasila sebagai ideologi dan harus dilestarikan, karena mahasiswa adalah tonggak perubahan bangsa. Sebagai generasi muda, mahasiswa adalah insan akademis yang harus memiliki pemikiran kritis, karakter yang baik, dan semangat yang kuat yaitu semangat nasionalisme, dan mampu memahami pengetahuan dan teknologi sehingga dapat menjaga dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Dalam upaya mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia menuju generasi emas, mahasiswa harus mampu memberikan peran yang positif sebagai generasi muda yang memiliki tanggung jawab moral untuk kejayaan bangsa Indonesia pada masa depan. Mahasiswa sebagai garda terdepan dalam perjuangan, pembelaan, dan pembangunan bangsa, mahasiswa diharapkan dapat melindungi, mempertahankan ideologi pancasila dan mengisi kemerdekaan yang telah diperoleh bangsa Indonesia. Mahasiswa harus bersungguh-sungguh memanfaatkan kesempatan untuk berkembang maju, terutama dalam belajar di perguruan tinggi, agar kita dapat menjadi orang yang cerdas, kreatif, percaya diri, inovatif, cinta dan setia kepada bangsa dan negara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline