Lihat ke Halaman Asli

Khairu Syukrillah

Aceh | khairuatjeh@gmail.com | IG @khairusyukrillah

Jadi Musafir Itu "Mahal" Sahabat

Diperbarui: 10 Maret 2020   16:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pri

Kebanyakan para perantau, mudik saat lebaran adalah momentum yang sangat luar biasa untuk dapat berkumpul keluarga. Namun, bagaimana nasib para perantau yang antar pulau? Kondisi ini yang sedang dialami oleh Kompasianer Brebes berasal dari Aceh KBC-24, saya sendiri.

Banyak caption di sosial media yang dishare dengan tage line "Merantaulah, Maka Engkau Akan Tahu Betapa Mahalnya Ongkos Mu Pulang", hal tersebut adalah realita. Kenapa?  karena bagi para perantau lintas pulau memang kudu merogoh kocek lebih untuk mudik. Dari mulai memikirkan biaya perjalanan, hingga biaya di kampung halaman. 

Lebaran tahun 2020 ini contohnya, sebut saja harga tiket untuk perjalanan dari Brebes menuju Banda Aceh bisa mencapai 15 juta rupiah. Harga tersebut dari mulai tiket kereta Brebes-Jakarta, dilanjut dengan Tiket Pesawat Jakarta-Banda Aceh. 

Dibeberapa aplikasi penyedia tiket online, sudah tertera untuk sekali berangkat tiket kereta jelang lebaran 2020 kisaran 300 ribu rupiah, dan tiket pesawat kisaran 2juta rupiah. Ketika berangkat 3 orang maka dikalikan saja sudah diangka 6,8jutaan, jika dihitung PP maka ada diangka 13jutaan. Angka rersebut belum termasuk travel stasiun menuju bandara dan bandara menuju kampung halaman serta operasional diperjalanan.

Namun, hitungan tersebut tidak sebanding dengan menahan rindu dikampung halaman. Aceh bagi saya adalah tempat dimana saya dilahirkan secara prinsip dan didikan oleh orang tua.

Nasehat dari sang senior di Kompasiana Brebes, Bahrul Ulum mengatakan, mudiklah, karena mudik akan terus mengikat tali ukhuwah dalam keluarga yang terpisah oleh jarak dan waktu.

Lantas, master Hipnoterapi Brebes, Master Aziz Aminudin juga mengatakan bahwa respon semangat mudik lebih utama dari pada mahalnya angka ongkos mudik.

Jadi Musafir itu Mahal Sahabat.

KBC-24 | Kompasiana Brebes




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline