Lihat ke Halaman Asli

Imperfect

Diperbarui: 29 September 2022   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  Film Imperfect adalah film yang mengangkat isu bullying dan body shaming Produksi Starvision yang disutradarai oleh Ernest Prakasa dan film ini rilis pada tanggal 19 Desember 2019. Film ini berdurasi selama 113 menit.

Film ini ditulis oleh Ernest Prakasa dan Meira Anastasia. Film ini mendapatkan reaksi yang sangat positif dari penonton dan kritikus film. Imperfect diadaptasi salah satu buku best seller dengan judul yang sama persis, imperfect.

pemeran fil ini ada Jessica Mila (Rara), Reza Rahadian (Dika), Yasmin Napper (Lulu), Boy William (George), Dion Wiyoko (Kelvin), Shareefa Daanish (Fey), Clara Bernadeth (Marsha), Karina Nadila (Irene), Devina Aureel (Wiwid),Ernest Prakasa (Tedi), Karina Suwandi (Debby), Dewi Irawan (Ratih), Kiki Narendra (Hendro), Kiki Saputri (Neti) Zsazsa Utari (Maria), Aci Resti (Prita), Neneng Wulandari (Endang). 

Film ini mengangkat tema drama romance. Bercerita tentang perempuan yang  bernama Rara (Jessica Mila) yang terlahir dari rahim seorang model sukses di era 90-an yang bernama Debby (Karina Suwandi), harus menjalani hidup penuh tekanan perundungan,celaan fisik, dan bias standarkecantikan lantaran memiliki fisik yang berbeda dengan adiknya, Lulu (Yasmine Napper). Rara bertubuh gendut dan berkulit legam warisan gen sang Ayah, Hendro (Kiki Narendra), sementara Lulu bertubuh langsing dan berkulit putih mulus mengikuti gen ibu mereka. 

Kendati memiliki tubuh yang kurang sempurna dalam pandangan masyarakat umum, Rara memili kebaikan hati yang tidak dimiliki banyak orang lain. Ia kerap membantu mengajar disebuah sekolah untuk anak-anak jalanan, sehingga membuat Dika jatuh hati dan mencintai Rara apa adanya. Rara sangat bersyukur mendapatkan sosok kekasih seperti Dika, yang mencintai Rara apa adanya. berbeda dengan nasib percintaan sang adik Lulu, kekasihnya yaitu George. Ia pacaran dengan Lulu hanya sekedar menaikkan Folowwers di Instagramnya saja, bukan karena tulus dan saling mencintai satu sama lain. 

Selain memiliki kebaikan hati yang begitu rupa, Rara juga merupakan sosok yang cerdas dan setia kawan. Hal itu yang membuatnya bersahabat baik, baik dengan Fey, rekan kerja Rara di perusahaan besar produsen produk-produk kecantikan.

Ketika umur Rara 14 tahun, ayahnya tewas dalam kecelakaan di tol Jagorawi. Setelah itu, Rumahnya dijual Ibunya dan keluarganya pindah dirumah jauh. Ketika dewasa, Rara bekerja sebagai manager riset disebuah perusahaan kosmetik-Malathi yang dipimpin oleh Kelvin. Di Malathi, perusahaan tempat ia bekerja, ia mendapat prilaku diskriminatif (kecuali dari sahabatnya) terkait dengan dirinya yang begitu gemuk, termasuk Marsha dan dua kawannya, Irene dan Wiwid. 

Pada suatu hari Sheila manager perusahaan mengumumkan pengunduran diri. perusahaan itu mengalami keuangan jadi Kelvin membutuhkan pengganti yang bisa mengatasi masalah itu. terdapat dua orang kandidat Marsha dan Rara. Meskipun Rara cerdas tetapi Ia tidak menjadi pilihan utama karena cerdas dan kesenioritasannya tidak cukup, penampulan pun diutamakan apalagi bertemu klien. 

Kelvin mengharuskan Rara mengubah total penampilannya jika dia mau mengambil tanggung jawab baru itu. Akhirnya Rara Menawarkan diri untuk mengubah penampilan dan diberi waktu sebulan untuk mengubah penampilan supaya bisa menjadi manager. Namun selain Ia tidak percaya diri, banyak temannya yang tak mendukungnya dan bahkan mengejeknya karena permasalahan berat badannya dan bentuk tubuhnya yang menurut mereka tidak pantas menduduki posisi yang lebih di Kantornya. Setelah merasa gtertekan dan dicemoh oleh rekan kerjanya maupun  lingkungan sekitar karena masalah Body Shamming, Kemudian Ia mulai mendengarkan saran Ibunya untuk mengubah pola makan dan bisa merawat diri. Ia bekerja keras untuk menurunkan berat badan agar memiliki tubuh yang Ideal. Akhirnya usaha Rara untuk menurunkan berat badan sebulan penuh tidak sia-sia karena Rara berhasil menjadi seorang wanita pada umumnya yang cantik dan mempunyai penampilan yang menarik. Rara pun berhasil mendapatkan posisi manager.

Seiring perubahan tubuh Rara perilakunya pun ikut berubah sikap Rara kepada teman kerjanya di Kantor dan kekasihnya sendiri pun berbeda jauh dan berubah drastis, karena menurut kekasihnya sendiri yaitu Dika merasakan bahwa Rara yang sekarang tidak apa adaanya dan tidak seperti dulu, sampai pola hidupnya pun berubah. Rara sebenernya menyadari bahwa hubungan dengan kekasih maupun teman deketnya di kantor sedikit renggang, tetapi ia masih tetap acuh akan keadaan tersebut dan berteman dengan Marsha yang sebelumnya telah mendiskriminasinya dan mengorbankan hubungan dengan kawan lamanya, Fey. 

Ibu Kelvin mendatangi perusahaan Kelvin dan menyebut perusahaan tersebut masih belum berhasil mengatasi keadaan. setelahnya kevin memarahi Rara karena kinerja buruk dan perusahaan malah semakin turun Ia pun menyalahkan Rara karena jabatan yang harusnya dipegang Marsha diambil Rara tawaran menurunkan berat badan. Setelah berbagai macam masalah yang dilalui Rara, Rara akhirnya mengubah sikapnya menjadi lebih baik.  Ia meminta maaf kepada Fey, ia juga mencoba memperbaiki kinerjanya di perusahaan dengan mengajukan konsep baru untuk Malathi Yang saat ini kritis. Ia membuat konsep tentang standar kecantikan. Wanita seharusnya tidak diikat dengan standar kecantikan seperti itu karena wanita itu beragam dan Malathi hadir sebagai teman yang baik untuk wanita mencapai kecantikannya masing-masing dan lebih bersyukur atas dirinya. Rara menampilkan wajah baru dari Malathi, modelnya yaitu Lulu yang Insecure karena mukanya bulat dan anak kos Bu Ratih yaitu Neti yang insecure dengan payudara yang besar, Prita yang insecure dengan tompel di dahi nya, Maria yang insecure dengan rambut keritingnya dan Endah yang insecure dengan giginya yang tidak rapi. Model difoto oleh Dika karena ini akhirnya pula Dika bisa melunasi utang Ibuknya. Konsep yang dibawa Rara Akhirnya membuat Malathi bangkit lagi dari krisis. Perusahaan itu akhirnya kembali untung dan mengadakan pesta syukuran. Rara akhirnya bahagia karena mendapat perhatian dari semua orang yang hadir dipesta.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline