Lihat ke Halaman Asli

Khairun Nisa

Mahasiswa

Mencegah Bullying, Mahasiswa KKN 59 Kelompok 45 UIN Gusdur Gelar Seminar Pendidikan Anti-Bullying di SDN 01 Bodeh

Diperbarui: 15 Agustus 2024   09:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Pemalang -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 59 Kelompok 45 UIN K.H Abdurrahman Wahid  Pekalongan dan Siswa/i SDN 01 Bodeh Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang melangsungkan Seminar Pendidikan dengan tema "Katakan Tidak Pada Bullying". Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 29 Juli 2024 yang berfokus pada kelas 4, 5, dan 6.


Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh moderator masing -- masing kelas oleh mahasiswa KKN 59 kelompok 45 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Moderator kelas 4 yakni Nurus Sa'adah, kemudian moderator kelas 5 yakni Miftakhul Khasanah, dan moderator kelas 6 yakni Naila Tamamil Asna. Kegiatan ini dilanjutkan dengan tahap pembentukan melalui ice breaking untuk membentuk semangat para siswa/i dalam mengikuti kegiatan tersebut. Setelah tahap pembentukan dilakukan, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyampaian materi di masing -- masing kelas dan menyanyikan lagu "Anti Bullying" serta menonton potongan video tentang bullying. 

Dokumen Pribadi

Adapun penyampaian materi juga disampaikan langsung oleh mahasiswa KKN 59 kelompok 45 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Materi kelas 4 disampaikan oleh Nurul Alfi Soraya, kemudian materi kelas 5 disampaikan oleh Atiyatul Karima, dan materi kelas 6 disampaikan oleh Cintia Salsabila.Kegiatan pada tahap akhir siswa/i diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dan bagi siswa/i yang berpartisipasi berhak mendapatkan hadiah

 Kegiatan ini diharapkan tidak hanya bisa mengurangi insiden bullying, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung bagi setiap individu atau kelompok. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan mahasiswa KKN dengan siswa/i, dan semua guru yang ada di SD N 01 Bodeh.


Penulis: Atiyatul Karima
Editor: Olivia Habibah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline