Lihat ke Halaman Asli

Lempuyang Village Run 10K 5K 2023 Sukses Digelar di Demak

Diperbarui: 4 November 2023   20:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Start 10K Putra

Event Lempuyang Village Run 10K 5 K 2023 pada Minggu (29/10/2023) sukses digelar. Event lari pertama yang digelar di Desa Lempuyang, Kabupaten Demak, ini sukses menggaet ratusan peserta dari Kabupaten Demak dan sekitarnya. Event lari ini dinisiasi oleh Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa. Mereka telah berhasil menggerakkan warga Desa Lempuyang, Kabupaten Demak, untuk aktif dalam kegiatan olahraga sebagai bagian dari upaya peningkatan kesehatan dan kualitas hidup, salah satunya dengan olahraga lari.

Selain sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kuliatas hidup, event lari ini juga sebagai ajang untuk mencari prestasi dan bibit atlet lari di Kabupaten Demak. Event lari ini bekerjasama dengan PASI Kabupaten Demak dalam hal penjurian. Event lari ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu 10K Putra dan 5K Putri. Tiap kategorinya merebutkan juara 1, 2, 3 serta juara harapan 1, 2, 3 dan merebutkan total hadiah senilai 4,2 juta rupiah. Selain hadiah tersebut, terdapat banyak doorprize yang disiapkan oleh panitia. Doorprize tersebut berasal dari sponsor yang bergabung dalam event lari ini.  

Titik start event lari ini terbagi menjadi dua, pertama titik start 10K Putra yang bertempat di Balai Desa Tlogodowo, kedua titik start kategori 5K Putri yang bertempat di Desa Kendaldoyong. Event lari ini menyuguhkan pemandangan eksotis Desa Lempuyang dan beberapa desa yang dilewati oleh para pelari.

Start kategori 10K Putra dimulai pukul 05.45 WIB dan dibuka oleh Kadinpora selaku pejabat yang mewakili Bupati Demak. Kemudian start kategori 5K Putri dimulai pukul 06.00 WIB dan dibuka oleh Ibu Sri Wahyuningsih, S. H., M. Kn. selaku Ketua Umum PASI Kabupaten Demak. Turut hadir pada event lari ini Bapak Martin Sudarmono, S. Pd., M. Pd. selaku Dosen Pembimbing PPK Ormawa yang mewakili pimpinan UNNES, Bapak Mahmudi selaku Kepala desa lempuyang, Bapak Mustona' Ahmad siti selaku Kepala Desa Wonosalam, Muhammad Zainal Abidin selaku Kepala Desa Kendal Doyong, Kepala desa Tlogodowo, Kasi pemerintahan Kecamatan Wonosalam, Kapolsek Wonosalam, Danramil Wonosalam serta tokoh masyarakat desa setempat.

Kategori 10K putra dimenangkan oleh pelari bernama Candra asal Jepara dengan catatan waktu 35 menit 8 detik, posisi kedua dipegang oleh pelari bernama Adi asal Blora dengan catatan waktu 36 menit 4 detik, kemudian posisi ketiga dipegang oleh Syarik asal Jepara dengan catatan waktu 37 menit 3 detik. Sedangkan kategori 5K putrid dimenangkan oleh pelari bernama Aqila asal Jepara dengan catatan waktu 20 menit 56 detik, posisi kedua dipegang oleh pelari bernama Neti asal Demak dengan catatan waktu 23 menit 25 detik dan posisi ketiga dipegang oleh pelari bernama Natasha asal Demak dengan catatan waktu 23 menit 57 detik.

Suksesnya event Lempuyang Village Run 10K 5K 2023 tak lepas dari kerjasama PPK ORMAWA HIMA PJKR DPM FIK UNNES selaku inisiator event lari ini dengan Pemerintah Desa Lempuyang, Kabupaten Demak dan sponsor yang juga memiliki semangat serta gairah yang sama dalam mendukung gaya hidup yang aktif dan sehat, yaitu OTI, Trans Semarang, OMG Cosmetic, GPS Cell, Walimotor, Cleo, Setup.

Pemerintah Desa Lempuyang sendiri berkomitmen akan menggelar event-event lain yang akan terus diadakan secara rutin untuk memfasilitasi dan mendukung masyarakat yang tertarik dengan gaya hidup sehat demi mewujudkan Desa Lempuyang menjadi desa olahraga mandiri. 

Lempuyang Run Village 10K & 5K pertama di Kabupaten Demak ini memberikan contoh bagaimana olahraga dan kehidupan berkualitas dapat bersatu, menciptakan komunitas yang sehat, bahagia, dan sukses.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline