Lihat ke Halaman Asli

PJKR Menanam "Aksi Menanam Mangrove sebagai Implementasi UNNES Konservasi"

Diperbarui: 28 September 2023   00:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PJKR MENANAM/Dokpri

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (HIMA PJKR FIK UNNES) melakukan kegiatan PJKR Menanam dengan tema "Aksi Menanam Mangrove Sebagai Implementasi UNNES Konservasi". Kegiatan ini didukung oleh Djarum Trees For Life yang dilaksanakan pada hari Minggu, 26 November 2022 di Pantai Tirang, Semarang. Dalam kegiatan penanam mangrove tersebut diikuti oleh perwakilan fungsionaris HIMA PJKR  FIK UNNES dan mahasiswa baru PJKR Angkatan 2022.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Donny Wira Yudha K., S.Pd., M.Pd. Ph.D selaku Sekretaris Jurusan PJKR. Beliau menyampaikan dalam sambutannya "kegiatan penanaman mangrove  sebagai bentuk kepedulian mahasiswa baru PJKR terhadap lingkungan. Kegiatan penanam mangrove merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh civitas akademika Fakultas Ilmu Keolahragaan sebagai implementasi UNNES konservasi, hanya saja pada tahun ini diadakan penanam mangrove di Pantai Tirang, Semarang."

Kegiatan penanaman mangrove tersebut menjadi salah satu implementasi nyata mahasiswa  untuk turut berpartisipasi dan berkontribusi dalam upaya perlindungan dari bencana abrasi yang kerap terjadi di daerah pesisir semarang. Pada kegiatan penanaman mangrove tersebut, Sebanyak 1000 pohon sukses ditanam di  Pulau Tirang, Semarang.

Dalam kegiatan penanaman mangrove tersebut mahasiswa tidak hanya aktif melakukan penanaman namun juga mendapat ilmu tentang mangrove dan cara penanamannya yang baik dan benar. Jenis tanaman mangrove yang ditanam berasal dari jenis Rhizophora mucronate, yang memiliki akar kuat dan kokoh sebagai penyangga abrasi daerah pesisir Semarang.

Khairul Mada Setiadi selaku Ketua HIMA PJKR UNNES 2022 berterima kasih kepada  seluruh Fungsionaris HIMA PJKR FIK UNNES dan mahasiswa baru PJKR yang telah menyukseskan rangkaian kegiatan PJKR MENANAM 2022. Harapannya dengan diadakannya penanaman mangrove tersebut secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada mahasiswa baru PJKR akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove tersebut. Kegiatan ini juga merupakan ajang untuk mengenalkan kegiatan sosial  masyarakat yang dilakukan oleh HIMA PJKR UNNES kepada mahasiswa baru PJKR Angkatan 2022.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline