Lihat ke Halaman Asli

Khairul Khatim

Belum kerja

Psikologi Humanistik

Diperbarui: 23 Desember 2023   09:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

NAMA:KHAIRUL KHATIM

NIM:20230110800062

KELAS:1C

PTODI:PGSD

FAKULTAS:FKIP

PSIKOLOGI HUMANITIK

Ilmu Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pikiran dan perilaku ( American Psychological Association). Kata ' psikologi' berasal dari bahasa Yunani yaitu ' psyche' dan ' logos' .' Psyche' diartikan sebagai jiwa atau nafas  sedang ' logos'  merupakan ilmu .

Psikologi dijelaskan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa atau kejiwaan (Lapointe,1970). Dalam pengembangannya, ada beberapa pendekatan atau aliran dalam ilmu psikologi. Salah satunya adalah psikologi humanistik. Tahukah kamu apa itu psikologi humanistik?

Apa itu Psikologi Humanistik?

Psikologi humanistik adalah salah satu pendekatan dalam ilmu psikologi yang memandang manusia sebagai individu yang utuh, memiliki potensi, serta mampu mengaktualisasikan dirinya. Aliran humanistik lahir pada akhir tahun 1950 sebagai bentuk respon atau reaksi dari pengembangan pendekatan psikoanalisis dan juga behavioristik.

Humanistik hadir menolak asumsi dari pendekatan psikodinamika yang tekanan pada ketidaksadaran dan hal-hal yang mempengaruhi seseorang dalam bertindak dan berperilaku. Begitu pula dengan pendekatan behavioristik yang fokus pada penguatan, stimulus maupun respon dalam berperilaku yang dianggap tidak manusiawi karena menggunakan hewan dalam penelitiannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline