Lihat ke Halaman Asli

Khairul Fadilah

Mahasiswi di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)

Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu

Diperbarui: 18 Agustus 2020   13:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa kabar sahabat-sahabatku sekalian, semoga sehat-sehat selalu ya. Baiklah teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk belajar bahasa Inggris yang mudah dan yang pastinya menyenangkan.

Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang banyak digunakan hampir semua negara-negara di dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri pengguasaan bahasa Inggris sangat dibutuhkan terutama dalam pekerjaan tak jarang beberapa perusahaan baik itu perusahaan asing maupun lokal memprioritaskan karyawannya menguasai bahasa Inggris. 

Untuk itu dibutuhkan belajar bahasa Inggris secara mendalam dan mengenai cara belajarnay setiap orang memounyai cara tersendiri. Kebanyakan diantara kita pasti sangat suka mendengarkan serta menyanyikan lagu-lagu terbaru dari mancanegara dengan penyanyi idola kalian bukan? Mungkin lagu-lagu dari Ed Sheeren, Selena Gomez, dan sebagainya.

Jadi kawan-kawan terkadang hobby kita dalam mendengarkan lagu-lagu mancanegara ini mampu memicu kita agar lancar dan fasih dalam berbahasa Inggris lho! Ya tentunya harus disertai dengan niat yang kuat untuk belajar. Oke dengan tidak panjang lebar, di bawah ini saya akan memberikan beberapa tips untuk teman-teman semua, silahkan di lihat teman-teman!

  • Choose your favourite song

Jadi hal pertama yang mesti kalian lakukan yaitu pilihlah lagu mancanegara kesukaan kalian karena jika kalian mengawali dengan lagu yang kalian sukai otomatis kalian akan fun selama mendengarkan lagu tersebut dan menikmatinya.

  • Listening and singing

Setelah memilih lagunya yang pastinya kalian harus mendengarkannya dengan melihat lirik lagu tersebut dengan seksama agar kalian ingat dengan lirik lagunya dan juga mengenal beberapa kata yang baru pertama kalinya kalian jumpai. Kalian juga boleh mendengarkan sambil menyanyikannya, karena biasanya jika seseorang menyukai suatu lagu dia tidak akan puas hanya untuk mendengarkannya saja tapi mereka cenderung suka menyanyikannya juga.

  • Write Down The Lyric

Cobalah sesekali kalian menulis lirik lagu kesukaan kalian yang sering kalian dengar dan kalian nyanyikan, karena dengan menulis lirik tidak hanya untuk menambah kosa kata bahasa Inggris kalian tetapi juga untuk melatih pendengaran kalian apakah apa yang kalian tuliskan melalui indra pendengaran kalian tersebut tepat dengan lirik lagu sesungguhnya. Karena skill listening dan penambahan kosakata dalam bahasa Inggris sangat dibutuhkan.

Tanpa disadari dari aktivitas bernyanyi, mendengarkan dan menulis lirik lagu kesukaan menjadi cara belajar yang menyenagkan dan kita juga bisa belajar listening dan juga mendapatkan beberapa kosakata baru dari lagu tersebut. Baiklah teman-teman, 3 langkah itu tadi adalah caraku dalam belajar bahasa Inggris dengan hal yang menyenangkan, kalian boleh mencobanya jika kalian suka semoga bermanfaat.

Oleh : Sarnita Batubara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline