Lihat ke Halaman Asli

Khairul Fadilah

Mahasiswi di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)

Penerapan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Diperbarui: 16 Agustus 2020   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

mommybites.com

Seperti yang kita ketahui di masa sekarang ini penguasaan bahasa Inggris sangat diperlukan ditambah lagi dengan kelancaran berbicara bahasa Inggris. Hal tersebut tidak hanya dibutuhkan bagi yang ingin kuliah atau bekerja di luar negeri saja tapi di dalam negeri juga memprioritaskan penguasaan dalam berbahasa Inggris baik itu di dunia pekerjaan maupun di dunia pendidikan. Oleh sebab itu selain memasukkan anak mereka ke kursus, orang tua selalu mengajarkan ke anak mereka pembelajaran bahasa Inggris di rumah. 

Pendidikan bahasa Inggris pada anak usia dini sangat berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan mereka. Dengan bahasa Inggris yang diajarkan pada usia dini akan menentukan kemampuan dan kecakapan  bahasa Inggris anak di masa yang akan mendatang. 

Sehingga di masa yang akan datang anak tidak kesulitan lagi dalam menerima pembelajaran bahasa Inggris yang ada di sekolah dan kecakapan bahasa Inggris mereka juga akan bertambah seiring dengan bertambahnya umur mereka didampingi dengan pengajaran yang berkelanjutan di rumah. Karena anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Untuk itu untuk menerapkan bahasa Inggris pada anak, para orang tua harus melakukan hal-hal berikut ini.

  • Sering Mengajak Anak Berbicara Bahasa Inggris

Orang tua adalah salah satu orang yang terdekat dengan anaknya dan menghabiskan waktu banyak bersama-sama di rumah. Waktu kebersamaan tersebut bisa anda gunakan untuk melatih anak agar bisa berbahasa Inggris sedikit demi sedikit. Ketika di rumah, anda juga bisa mengajak anak untuk berbicara bahasa Inggris, setidaknya anda bisa mencampur bahasa ketika berbicara, misalnya  ingin menyebutkan kata "lemari"  anda bisa mengubahnya dengan kata "cupboard". Jika hal tersebut anda terapkan di rumah setiap hari maka lama-kelamaan anak juga akan mengingat apa yang telah mereka sebutkan. 

Karena bahasa adalah kebiasaan semakin sering kita menggunakan suatu bahasa maka semakin lancarlah dalam menggunakannya begitu juga dengan anak yang berusia masih balita, mereka cenderung merekam apa yang dikatakan dan diajarkan oleh orang tuanya.

  • Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Di zaman sekarang ini banyak macam-macam musik yang mudah kita akses begitu juga dengan musik bahasa Inggris untuk anak-anak banyak. Anak-akan cendrung menyukai kegiatan mendengarkan musik khususnya lagu anak-anak jadi di  sinilah kesempatan anda sebagai orang tua untuk mengajak anak mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris. 

Karena lagu bahasa Inggris bukan hanya sekedar untuk hiburan bagi anak tetapi juga untuk memperkaya pelafalan dan kosakata anak, jadi anda jangan ragu untuk  mendengarkan musik bersama anak dan menyanyikan lagu itu bersama-sama semakin anda sering melakukan itu, anak akan mengingat kosa kata yang ada di lagu tersebut.

  • Mengajari Secara Perlahan dan Bertahap

Tidak hanya dituntut untuk selalu mengajarkan dan melatih bahasa Inggris pada anak anda, tetapi anda juga harus memperhatikan cara anda mengajar anak dalam berbahasa Inggris. Di sini anda juga dituntut untuk  harus bersabar mengajarkan bahasa Inggris seiring dengan perkembangan anak artinya anda harus mengajarkan bahasa Inggris secara bertahap baik itu anda mengajarkan abjad bahasa Inggris terlebih dahulu kemudian baru mengenal nama-nama benda dalam bahasa Inggris. 

Anda bisa memulainya dengan mengajarkan hal-hal yang paling dasar dalam bahasa Inggris terlebih dahulu karena hal dasar itulah yang akan menjadi panduan untuk pembelajaran selanjutnya. Anda jangan terlalu memaksakan anak untuk menghapal atau belajar, lakukanlah semua itu secara natural sehingga anak tidak merasa belajar dengan paksaan.

  • Selalu Mengapresiasi Setiap Hal Baik yang Dilakukan

Tidak hanya mengajarkan tapi anda juga harus mengapresiasi setiap hal baik yang dilakukan anak misalnya dia mencoba menyebutkan kata "Cupboard" walau penyebutannya masih salah anda bisa memberikan apresiasi kepada anak dan memberitahu penyebutan yang benar seperti mengatakan "Wah hebat! Tapi yang lebih tepat..". Apresiasi dibutuhkan untuk memotivasi anak agar selalu ingin belajar dan melakukan yang terbaik dan juga menumbuhkan semangat anak untuk mempelajari hal-hal yang baru.

  • Mengoreksi yang Salah

Guru yang baik adalah guru yang mampu mengoreksi kesalahan yang dilakukan muridnya begitu juga dengan orang tua, anda harus menjadi orang tua yang bijak dalam mengoreksi hal-hal yang salah. Seperti yang saya katakan sebelumya anda dapat mengoreksi pelafalan anak yang salah dengan diselingi pujian tujuannya yaitu agar anak tidak merasa buruk jika dikoreksi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline