Khairunnisa
Rumpun Sosial
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang memperhatikan perbedaan dan keberagaman individu di kelas yang berkaitan dengan karakteristik peserta didik, ketertarikan dan gaya belajar sehingga dapat merancang pembelajaran yang sesuai.
Pembelajaran berdiferensiasi dirancang sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta tingkat pemahamannya, berisi mengenai pelajaran dan keterampilan yang sesuai dengan tingkat kemampuan anak.
Menurut Tomlinson (2001:1), pada pembelajaran diferensiasi berarti mencampurkan semua perbedaan untuk mendapatkan suatu informasi, membuat ide dan mengekspresikan apa yang mereka pelajari.
Pembelajaran diferensiasi adalah menciptakan suatu kelas yang beragam dengan memberikan kesempatan dalam meraih konten, memproses suatau ide dan meningkatkan hasil setiap murid, sehingga murid-murid akan bisa lebih belajar dengan efektif.
Contoh Pembelajaran Berdiferensiasi
Pak Erduardus mengajar di kelas XI IPS 4, di kelas itu memiliki banyak keragaman peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru tersebut.
Peserta didik dengan modal belajar kinestetik akan tertarik dengan media audio sehingga mudah dalam memahami materi, terdapat juga siswa yang mudah memahami dengan cara kinestetik dengan aktif berdiskusi dan berkerja sama di kelas, serta adapula peserta didik yang memahami dengan cara visual dari gambar yang ditayangkan bapak.
Adanya keberagaman di kelas membuat Pak Erduardus menentukan srategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, metode yang bervariasi yaitu ceramah dan diskusi, serta model pembelajaran projek based learning. Pak Erduardus juga menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mendukung pengembangan modal belajar peserta didik yang beragam.