Lihat ke Halaman Asli

Khafifah Anastasya

akun pelajar

Pemberdayaan Ekonomi Usaha Mikro Nenek Sutinem

Diperbarui: 4 Januari 2022   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemberdayaan Ekonomi Kaum Dhuafa Dengan Memberikan Bantuan Modal Usaha. 

Kondisi perekonomian Indonesia di tengah wabah Covid-19 ini perlahan mulai bangkit. Tentu dengan bantuan teknologi, perkembangan ekonomi didistrik makanan dan minuman saat ini bisa dibilang sangat bersaing. Namun, ditengah persaingan ketat yang terjadi, ada beberapa penjual didistrik yang sama yang tertinggal dikarenakan faktor biaya dan usia. 

Selain itu pengusaha mikro dalam perkembangannya memiliki kesulitan dalam pemanfaatan teknologi informasi (Irjayanti & Azis, 2012). Demi memenuhi kebutuhan sehari-hari pengusaha mikro kurang memperhatikan kinerja untuk jangka panjang (Fauzia, 2015). 

Ditambah kondisi saat ini, dimana kita harus mengurangi aktivitas di luar rumah. Membuat para penjual khususnya makanan harus mengurangi produksinya (Herdady & Muchtaridi, 2020). Kami rasa perlu untuk mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam memberdayakan penjual makanan khususnya kaum dhuafa dengan cara menyalurkan donasi berupa modal usaha.

Dalam kegiatan ini, kami melakukan perencanaan,survey,persiapan,dan pelaksanaan.Demi terciptanya bantuan yang tepat guna, kami melakukan observasi dan wawancara dengan Nenek Sutinem selaku orang yang ingin kami bantu. 

Kami berencana untuk membantu Ibu Sutinem dengan membelikan bahan-bahan untuk beliau selama sebulan berdagang dan alat-alat masak yang sekiranya sudah tidak layak pakai kami ganti dengan yang baru dan menambahkan alat-alat masak yang beliau butuhkan untuk berdagang. Jadi selama sebulan keuntungan yang beliau dapat bisa untuk membeli bahan pangan beliau dan melunasi hutang beliau.

Pelaksanaan program pemberdayaan kaum dhuafa kelompok kami berjalan dengan baik meskipun ada beberapa kendala disaat perencanaan dan fundraising. Adapun pencapain yang diperoleh dari kegiatan ialah, Ibu Sutinem dapat membuat gorengan dengan jumlah yang lebih banyak karena dengan modal yang kami berikan beliau bisa mengalokasikan pendapatannya untuk membeli bahan yang tidak tahan lama saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline