Lihat ke Halaman Asli

Punya Gua (Pengalaman Kuliah) Bab I

Diperbarui: 2 Mei 2024   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

"Kamar dan Kasur" 

Oke temen-temen kali ini gua mulai nyeritainnya dari sini dulu yaitu dengan judul kamar dan kasur kalo untuk kasurnya nanti setelah bagian kamar. Kenapa kamar ? Karena gua memulai perjuangan gua dari kamar dan juga pas gua awal-awal masuk kuliah ( baru lulus SMA) posisinya ada virus covid-19, jadinya gua dan seluruh masyarakat Indonesia tidak boleh kemana-mana pada akhirnya ya.. gua mulai pengalaman kuliah gua dari kamar dulu, oke mau tau ceritanya seperti apa ? Setelah pariwara berikut (eh sori gua lupa kan bukan tv ya ngapa ada iklannya awkwowkwo) oke langsung aja cekidot....

Ruangannnya sih kagak terlalu gede cuman 2,5x2,5 meter aja, tapi yah walaupun kecil dan sempit disinilah gua memulai perjuangan gua sebagai calon sarjana dan ditempat inilah banyak cerita terjadi. Dan nama tempat itu adalah kamar, yah jadi kamar gua ini kecil sama sempit kaya yang gua udah jelasin diatas dan temboknya juga bukan dari semen melainkan dari kalsibot (campuran antara semen dan kertas yang dicampur jadi satu kemudian dicetak kaya triplek dengan berbagai ukuran) kalo masih bingung wujudnya kek apa tinggal googling aja yak. Selanjutnya untuk penampakan kamar gua juga agak memprihatinkan tapi gak terlalu parah juga sih , kadang kalo lagi panas kamar gua jadi sauna otomatis untuk membakar lemak tapi yang lebih parah kadang nih ya pala tuh ampe puyeng saking panasnya buat lu yang punya migrain dan darah tinggi jangan coba-coba tidur dikamar gua, sama kalo lu mau sauna atau membakar lemak dateng aja kekamar gua kalo lagi siang hari mantep dah pokonya bagi yang mau kurus.

Tapi dibalik itu gua masih tetap bersyukur kok masih bisa tidur ada tembok sama gentengnya, sedangkan diluar sana masih banyak banget tidur yang alasnya cuman kardus sama selimutnya koran, malahan ada yang lebih miris lagi berlaskan tanah dan beratapkan bumi doang jadinya kalo ujan ya kita tau sendiri lah ya. Dengan keadaan yang seperti inilah gua masih bisa menikmati kamar ini dengan aman dan nyaman, terusan juga gua harus banyak bersyukur karena masih bisa dikasih tempat yang layak untuk sekedar melepas lelah dan gundah. 

Oke kita lanjut ya cerita kamarnya sampe lupa gua, karena temboknya bukan semen makanya kamar gua sering ambrol gara-gara ditendangin mulu ama adek sepupu gua kalo lagi tantrum alhalsil banyak blackholenya disetiap sisi kamar. Dan gua juga gak bisa bayangin bagaimana jadinya kalo bruce lee maaih hidup terus latihan dikamar gua, kek apa porak-porandanya kamar gua ditendangin ama dia buat jurus kungfu barunya. Dan yah kamar gua ini isinya gak banyak cuman ada meja belajar, lemari pakaian, kasur, bantal, guling, selimut, dan seonggok impian sebagai pelengkap isi kamar.

Sebagai anak rumahan banget (ekheem prett) kehidupan gua selalu berpusat didalam kamar mulai dari makan, minum, sholat, ngayal, maen hape, baca buku, dan sampe gua bikin cerita ini pun dikamar pokoknya kehidupan gua berpusat dikamar, gua jadikan kamar sebagai pusat tata surya kehidupan gua. Oh ya kalo mandi gua dikamar mandi ya kagak mungkin dong gua mandi dikamar secara kan kamar gua sempit dan terhimpit mana mungkin mau dimasukin kamar mandi (ada-ada aja gua ini hahahha). Terkadang juga kamar gua sering disambangi sama abang gua, secara kan kamar gua deket sama dia dan gua juga tinggal sama abang gua jadinya ya dia sering berkunjung buat sekadar ini aja ngobrol ngalor-ngidul sampe bantul.

 Kadang juga bahas hal remeh-temeh sampai ke permasalahan kayak sosial, politik, agama, hukum, sejarah, dan juga pembahasan besar. Pembahasan besarnya pun kadang beragam kayak misal bener gak sih hitler mati digarut, atau nggak bener gak sih fir'aun orang jawa sama kadang pembasan universal semisal contoh apakah betul bumi kita ini berbentuk trapesium ? Dan masih banyak lagi lah pembahasan yang fenomal dan spektakuler yang gua bahas sama abang gua didalam kamar. 

Ya kadang-kadang juga bahas masalah disekitaran lingkungan gua tinggal sama juga kadang masalah-masalah keluarga juga, namanya orang hidup pasti punya masalah bahkan orang kaya sekalipun yang hidupnya terjamin, badannya sehat, hartanya banyak aja masih punya masalah apalagi gua ya pokoknya begitulah orang hidup tinggal kitanya aja berani menghadapainya atau nggak. Dan gua juga sering ke kamar abang gua sekadar minjem laptop buat nonton film kan maklum gua belum punya laptop.

Kembali ke laptop eh.. salah maksudnya cerita. Fungsi kamar sendiri gak cuman buat tidur atau hal yang seperti udah gua sebutin diatas tadi  tapi menurut gua fungsi kamar lebih dari itu. Menurut gua pribadi ya kamar juga bisa untuk melepas penat atau menghilangkan stress terhadap dunia yang fana ini, dengan cara rebahan dikasur maka otomatis semua rasa lelah-penat akan hilang sendirinya dan tubuh juga bisa nge-recharge lagi energi untuk besok sebagai persiapan melawan kerasnya dunia. Nah oleh sebab itu kamar merupakan sosok yang paling gua sayang dan cintai nomor 2 setelah emak gua karena apa ? Karena didalamnya ada kasur dan bantal kumel yang baunya udah sangit dan ditambah juga yang tak boleh ketinggalan adalah sprei bermotif bunga. 

Kamar juga yang menjauhi gua dari hal-hal yang merugikan orang lain (ya lu tau sendiri lah ya hal apa saja yang merugikan orang lain) dan gua merasa diri gua menjadi aman dan nyaman walaupun seharian dikamar rebahan sambil hapean (maklum freshgraduated SMA jadinya libur panjang sebelum kuliah) menikmati masa-masa santai sebelum terbantai dibangku kuliah.

Oke selanjutnya adalah kasur, kasur sendiri menurut gua adalah benda padat yang apabila diberi tekanan maka akan semakin menarik si penggunanya dan kasur sendiri merupakan magnet terkuat yang pernah ditemukan. Sebab kalo orang kaya gua nih pasti akan tertarik olehnya dan juga kasur memiliki gaya gravitasi terberat setelah bumi, sebab jikalau kita nempel ama kasur siap-siap aja gaya gravitasinya pada tubuh kita akan makin berat yaitu sekitar 4,903 m/s setengah berat dari gravitasi bumi, apalagi dipagi hari ketika pengen mau berangkat sekolah atau kuliah beuuhhh gaya gravitasinya jauh lebih berat coy ketimbang malem hari, makanye gua nih kalo pagi mau berangkat kuliah suka ngerasa kek berat banget, kadang gua sampe mikir "buset nih kasur gaya gravitasinya gede amat kaya ketarik sama blackhole" .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline