Lihat ke Halaman Asli

Antusias Warga Mengikuti Posyandu di Dusun Delik: Bersama KKM-DR UIN Malang

Diperbarui: 19 Januari 2022   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

           

              Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR) UIN Malang membantu posyandu untuk balita, anak-anak, ibu hamil dan juga lansia di depan rumah Kepala Dusun Delik, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Selasa (18/01/2022).

              Ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan Dusun Delik untuk mengantisipasi stunting pada balita yang tetap harus dijalankan, mencegah penyakit untuk lansia, dan juga penyuluhan kesehatan untuk ibu hamil. Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) ini merupakan wadah pemantauan kesehatan dan tumbuh kembang bayi dan balita, ibu hamil, ibu menyusui serta lansia juga. Terdapat lebih dari 76 balita, 15 ibu hamil dan juga 52 untuk lansia yang terdaftar dalam program posyandu rutinan ini. Kegiatan posyandu ini merupakan langkah awal yang paling penting untuk mendapatkan keturunan yang sehat dan cerdas adalah dengan pemenuhan gizi pada anak sejak dini, yaitu saat masih dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun.

              Dalam program posyandu kali ini, terdapat 4 RT yang ditempatkan di Dusun Delik ini. Sebagian dari anggota KKM-DR Delik ini dibagi dalam beberapa kelompok untuk membantu proses pelaksanaan posyandu ini, yaitu kelompok balita dan anak-anak, kelompok ibu hamil dan kelompok lansia. Mulai dari pendaftaran, penimbangan, pengukuran dan penyuluhan untuk balita dan anak-anak. Kalau untuk ibu hamil dimulai dari pendaftaran, tensi darah, wawancara mengenai kesehatan, dan terakhir diperiksa kandungannya. Untuk lansia itu dimulai pengisian daftar hadir, menimbang berat badan, kemudian tinggi badan selanjutnya cek tensi darah sambil ditanyai keluh kesahnya. Kemudian disela-sela posyandu ibu-ibu dan bapak-bapak lansia menunggu di depan untuk melakukan senam bersama-sama. "Dapat pengalaman baru jugadan ini sangat berkesan. Seru banget sih," ujar anak-anak KKM-DR Dusun Delik setelah kegiatan berakhir.

Dokpri

                 Setelah acara posyandu selesai, para anggota KKM-DR Dusun Delik juga turut membantu merekap data posyandu tersebut.  Diharapkan, dengan adanya bantuan para mahasiswa ini, pihak panitia Dusun Delik dan puskesmas dapat terbantu saat proses posyandu berlangsung. 

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline