Lihat ke Halaman Asli

Khadin Bangsawan

Nil Satis Nisi Optimum

Seperti Apa Tindak Lanjut Setelah Pendampingan Individu 6 PGP?

Diperbarui: 20 Juni 2023   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wawancara dengan murid CGP Esti, Dok. Pribadi

Rencana Tindak Lanjut (RTL) dibutuhkan sebagai implementasi kegiatan yang berkelanjutan. RTL merupakan  panduan untuk keberlangsungan dan keberlanjutan suatu program tak terkecuali Program Pendidikan Guru Penggerak. Dengan adanya RTL akan memudahkan Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak  dalam implementasi program ke depannya. Bukan saja terkait bentuk-bentuk program lanjutan, melainkan juga bentuk-bentuk intervensi pihak lain untuk menyelenggarakan program-program selanjutnya.

Penyusunan RTL membutuhkan perencanaan yang matang, dimana RTL yang baik sesuai dengan program yang berdasarkan pada potensi dan kekuatan yang dimiliki. Disamping itu, membutuhkan juga pertimbangan aset ilmu yang telah dimiliki oleh Pengajar Praktik Guru Penggerak dan yang akan dikembangkan di sekolah ataupun komunitasnya. Termasuk di dalamnya adalah sumber daya manusia sebagai aset untuk koordinasi dan kolaborasi.
Selama pendampingan Individu ke-6 yang sudah saya lakukan terhadap para CGP sesuai tema pendampingan yaitu Refleksi perubahan diri dan dampak pendidikan, dimana kami fokus pada tujuan dan hasil diskusi.

Wawancara dengan KS dari CGP Barbara, Dok. Pribadi

Sebelum melakukan pendampingan, seorang PP wajib memperhatikan langkah-langkahnya. Langkah-Langkah tersebut antara lain:

Bagian Awal Pendampingan (10 menit):

  1. Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.
  2. Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan Pembelajaran Daring)
  3. Apresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak, termasuk hal baik yang dilihat selama observasi

Bagian Inti Pendampingan (160 menit):

  1. Refleksi hasil survei (feedback 360) (40')
    PP memberikan hasil analisis feedback 3600   kepada CGP,  berikan CGP waktu beberapa saat untuk membaca dan memahami infomasi dari hasil analisis yang telah dilakukan.
    Berdasarkan hasil feedback  3600 lakukan refleksi dengan memberikan pertanyaan pematik berikut ini:
    • Berdasarkan hasil feedback 3600 apa yang kurang baik/ perlu ditingkatkan  menurut responden terhadap kompetensi bapak/Ibu? Jelaskan menurut masing-masing responden (kepala sekolah, rekan sejawat, dan murid)
    • Apa rencana Bapak/Ibu ke depannya untuk dilakukan mengenai kompetensi guru penggerak yang harus Bapak/Ibu miliki?
    • Siapa saja yang akan Bapak/Ibu libatkan untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak yang harus Bapak/Ibu miliki?
  1. Perubahan dalam pembelajaran (30')
    Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi.
    • Setelah Bapak/ Ibu menjalani 6 bulan pendidikan guru penggerak, perubahan apa yang Bapak/ Ibu rasakan yang berkaitan dengan kompetensi Bapak/ Ibu sebagai guru?
    • Berdasarkan yang Bapak/ Ibu alami, perubahan apa saja yang terjadi pada diri murid Bapak/ Ibu setelah Bapak/ Ibu menjalani program 6 bulan ini?
    • Apa saja hal yang membuat perjalanan 6 bulan ini cukup memuaskan?
    • Apa saja hal yang membuat perjalanan 6 bulan ini menjadi cukup menantang bagi Bapak/Ibu?
  1. Penilaian pemetaan aset (60')
    Proses penilaian pemetaan aset dilakukan dengan cara berdiskusi dengan CGP dan aktor yang terlibat saat proses pemetaan asset. Berdasarkan hasil diskusi tersebut, silahkan lakukan penilaian dengan menggunakan rubrik yang telah disediakan.
    Pertanyaan pematik untuk CGP yang digunakan saat diskusi:
    • Siapa saja aktor yang terlibat saat proses pemetaan aset?
    • Bagaimana proses Bapak/Ibu dalam menemukan/mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekolah?
    • Apa saja kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat melakukan identifikasi sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu mengatasinya?
    • Bagaimana perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi sumber daya sekolah?
    • Apa pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya sekolah?
    • Apakah terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya sekolah yang belum Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung?

Selain berdiskusi dengan CGP, lakukan juga wawancara ke perwakilan aktor yang terlibat untuk mengecek kesepahaman akan tujuan pemetaan dan proses yang terjadi, dengan menggunakan pertanyaan pematik berikut ini: 

  • Bagaimana proses Bapak/Ibu dalam menemukan/mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekolah?
  • Apa saja kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat melakukan identifikasi sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu mengatasinya?
  • Bagaimana perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi sumber daya sekolah?
  • Apa pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya sekolah?
  • Apakah terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya sekolah yang belum Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung?
  1. Persiapan panen hasil belajar (30')
    Diskusikan dengan CGP terkait persiapan panen hasil belajar, pastikan CGP mengetahui dan memahami kelengkapan apa saja yang akan dibawa dan ditampilkan saat pelaksanaan panen hasil belajar. Berikan pertanyaan pematik sebagai panduan diskusi dengan CGP:
    • Apa ide Bapak/Ibu untuk persiapan panen hasil belajar pada Lokakarya 7?
    • Apa yang akan Bapak/Ibu pamerkan pada saat penen hasil belajar?

Disamping itu, untuk CGP yang terpilih sebagai penyaji dalam kelas berbagi, menyiapkan:

  • Materi yang akan dibagikan kesepeserta panen belajar (rambu-rambu penyajian dilihat pada lampiran Lokakarya 7).
  • PPT/bahan tayang yang akan dipaparkan saat kelas berbagi.

Bagian Akhir Pendampingan (10 menit)

  1. Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring.
  2. Mendorong untuk terus memetakan sumber daya dalam melakukan perubahan dan perbaikan pembelajaran.
  3. Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS. 

Dok. Pribadi

Dari hasil kunjungan dan pendampingan, hampir semua CGP termotivasi dalam melaksanakan pendampingan individu ke-6 ini, dan para CGP lebih memahami dan dapat membuat rancangan program yang berpihak pada murid, perkembangan komunitas praktisi, dialog pascaobservasi pembelajaran, melakukan penilaian dan pelaporan, serta mampu melakukan penilaian proses coaching untuk supervisi akademik yang dilakukan oleh rekan sejawat CGP.

Berdasarkan hal tersebut di atas, berikut ini beberapa RTL yang akan dilaksanakan setelah melaksanakan pendampingan individu Ke-6 dan setelah CGP mempelajari modul 3, diantaranya:

  1. Mendorong untuk terus memetakan sumber daya dalam melakukan perubahan dan perbaikan pembelajaran;
  2. Memotivasi dan mendorong CGP untuk merefleksi perubahan diri dan dampak Pendidikan di satuan pendidikan dan komunitasnya;
  3. Memotivasi para CGP untuk selalu terus mengembangkan dirinya serta konsisten dalam mengimplementasikan dan menerapkan rancangan program yang sudah didapatkan dari modul 1, 2, dan 3 sesuai dengan aset dan kemampuan sekolahnya;
  4. Memotivasi para CGP untuk tetap dan konsisten mencoba praktik-praktik baik pembelajaran yang berpihak pada siswa dan berdampak pada pendidikan;
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline