Lihat ke Halaman Asli

Khadin Bangsawan

Nil Satis Nisi Optimum

Ini Nih yang Menjadi Catatan Lokakarya 5, Yuk Disimak!

Diperbarui: 5 Juni 2023   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bandar Lampung, 03 Juni 2023.

Seperti lokakarya sebelumnya, setelah pembukaan secara resmi, kegiatan Lokakarya 5 selanjutnya dilaksanakan di ruang kelas masing-masing sesuai dengan pembagian jadwal. Ada 7 ruang kelas, yang masing-masing kelas rata-rata di huni oleh  15–16 CGP dan 3 orang PP. Saya sendiri, PP Heri Risdiyanto (Khadin Bangsawan) tergabung di ruang 1 bersama PP Samsuri dan PP Yeni Rahmawati. CGP yang saya bina pun hadir dan mengikuti semua sesi, yakni CGP Andre Hari Wibowo, S.Pd., M.M., seorang Guru PJOK yang penuh prestasi sebagai coach atletik; CGP Barbara Nunung Ika Titianti, S.S., M.M., Guru Bahasa Inggris dari SMP Xaverius 4 Wayhalim yang penuh dedikasi dalam mengembangkan potensi peserta didiknya melalui berbagai kegiatan; CGP Hj. Esti Hariani, S.Sos., M.Pd., Guru Sosiologi di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, pribadi yang penuh semangat dan selalu menjadi motivator bagi rekan-rekan sejawat dan para CGP lainnya; CGP Veronika Leni Megawati, S.Pd., seorang guru dan juga terapis di SLB Growing Hope, sosok yang penuh kesabaran dan terampil dalam membimbing anak-anak yang berkebutuhan khusus; serta CGP Zusuf Amien, S.Pd., Guru Bahasa Prancis di SMAN 16 Bandar Lampung, seorang guru yang penuh humoris namun selalu serius dalam menjalankan program baiknya di sekolah maupun di komunitas profesinya.

Agenda kegiatan di Lokakarya 5 yang bertemakan “Kolaborasi dalam Pengelolaan Program Yang Berpihak Pada Murid “ terbagi secara garis dalam 5 kegiatan/sesi.

1)    Pembukaan;
2)    Diskusi Hasil Aksi Nyata B (Buat Pertanyaan) dan A (Ambil Pelajaran);
3)    Menyusun Strategi Pelibatan Aktor Dalam Fase Gali Mimpi;
4)    Membuat Rencana Program; dan
5)    Penutupan.

Dokpri

Tujuan Lokakarya

Tujuan yang diharapkan pada Lokakarya 5 adalah: 1) Calon Guru Penggerak mampu memaknai data yang diperoleh dalam tahapan B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali mimpi; 2) Calon Guru Penggerak dapat menentukan aktor-aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi sekaligus menyusun strategi pelibatan aktor tersebut; dan 3) Calon Guru Penggerak dapat mulai membuat perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.

Kegiatan awal di ruang 1 dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh kami bertiga dengan menyampaikan tujuan sesi, dimana: 1) Calon Guru Penggerak dapat menciptakan koneksi dengan peserta lain dan Pengajar Praktik dan 2) Calon Guru Penggerak dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya ini lalu memberikan Ice Breaking  dan menyampaikan Tujuan Lokakarya 5.

Kegiatan pembukaan dengan durasi waktu 30 menit dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing PP dan CGP yang dikemas sedemikian rupa sehingga kegiatan perkenalan bisa menarik.

Agenda lokakarya selanjutnya memasuki pada kegiatan inti, kami melakukan dulu kesepakatan kelas yang berisi tentang aturan dan kesepakatan dalam ruang kelas yang meliputi kesepakatan dalam waktu, partisipasi, fokus, ketertiban, toleransi, dan kebersihan. Setelah semuanya sepakat, barulah kami belajar dan berdiskusi pada kegiatan inti Sesi 2: 1) Calon Guru Penggerak melakukan cek poin hasil aksi nyata B (buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran); 2) Calon Guru Penggerak mendapatkan umpan balik untuk rencana tindak lanjut B dan A; 3) Calon Guru Penggerak menghasilkan rencana tindak lanjut B dan A.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline