Lihat ke Halaman Asli

Khadin Bangsawan

Nil Satis Nisi Optimum

Apa Saja Sih Rencana Tindak Lanjut dari Pendampingan Individu 5 di PGP?

Diperbarui: 4 Juni 2023   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melalui diskusi sejak awal yang intensif terkait capaian belajar, diharapkan pada pendampingan berikutnya capaian yang mungkin tercapai adalah CGP mampu:

  • Mengimplementasikan pembelajaran yang berpihak pada murid yang ditandai dengan penerapan hasil belajar modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial emosional di kelas secara konsisten;
  • Merawat keberlanjutan komunitas praktisi di sekolah sebagai bentuk kolaborasi dengan warga sekolah;
  • Meningkatkan kompetensi diri dalam mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi terutama terkait pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional yang telah dilakukan.
  • Melaksanakan prakarsa perubahan secara konkret di sekolah secara berkelanjutan dalam bentuk program berdampak pada murid;
  • Rutin menerapkan segitiga restitusi dalam menangani murid yang melanggar keyakinan kelas;
  • Membimbing rekan sejawat dalam menyusun RPP pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional serta melakukan koreksi terhadap RPP yang disusun; 
  • Melakukan refleksi hasil survei umpan balik 360 derajat;
  • Melakukan pemetaan aset di sekolah dan membagi informasi tersebut kepada kepala sekolah, sejawat, wali murid, dan murid.

DOKPRI

Guna memastikan ketercapaian tersebut, hal-hal yang akan direncanakan terkait proses pendampingan berikutnya adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan bahan yang dibutuhkan dalam pendampingan, meliputi jurnal hasil pemantauan belajar daring di LMS, jurnal pendampingan, daftar hadir, lembar observasi proses pembelajaran yang berpihak pada murid, dan instrumen pendampingan;
  • Mendiskusikan capaian belajar selama sebulan terakhir untuk mengetahui kesiapan CGP dalam pendampingan;
  • Mengajak CGP merefleksikan kemajuan komunitas praktisi yang telah terbentuk;
  • Memberikan motivasi kepada CGP untuk terus mencoba praktik-praktik baik pembelajaran yang berpihak pada murid di kelas;
  • Memberikan motivasi kepada CGP untuk terus mengembangkan diri dan orang lain dalam komunitas praktisi sekolah serta mengimplementasikan prakarsa perubahan diri, kelas, dan sekolah; dan 
  • Melakukan pendampingan pengelolaan dan pengembangan portofolio digital CGP;
  • Melakukan pemantauan terhadap CGP terkait pembimbingan RPP kepada rekan sejawat; 
  • Melakukan refleksi survei umpan balik 360 derajat dan perubahan pembelajaran;
  • Melakukan pemetaan aset; dan
  • Mempersiapkan diri untuk lokakarya 6 dan 7.

Demikian tindak lanjut Pendampingan Individu 5 sebagai salah satu upaya menciptakan ekosistem sekolah yang menyenangkan. Tujuannya agar merdeka belajar dapat terwujud dengan baik.

Guru bergerak - Indonesia maju
Semangat!!!
Lampung, 30/06/2023
PP,


Heri Risdiyanto

Video pelaksanaan PI dapat dilihat di video berikut! 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline