Melalui diskusi sejak awal yang intensif terkait capaian belajar, diharapkan pada pendampingan berikutnya capaian yang mungkin tercapai adalah CGP mampu:
- Mengimplementasikan pembelajaran yang berpihak pada murid yang ditandai dengan penerapan hasil belajar modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial emosional di kelas secara konsisten;
- Merawat keberlanjutan komunitas praktisi di sekolah sebagai bentuk kolaborasi dengan warga sekolah;
- Meningkatkan kompetensi diri dalam mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi terutama terkait pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional yang telah dilakukan.
- Melaksanakan prakarsa perubahan secara konkret di sekolah secara berkelanjutan dalam bentuk program berdampak pada murid;
- Rutin menerapkan segitiga restitusi dalam menangani murid yang melanggar keyakinan kelas;
- Membimbing rekan sejawat dalam menyusun RPP pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional serta melakukan koreksi terhadap RPP yang disusun;
- Melakukan refleksi hasil survei umpan balik 360 derajat;
- Melakukan pemetaan aset di sekolah dan membagi informasi tersebut kepada kepala sekolah, sejawat, wali murid, dan murid.
Guna memastikan ketercapaian tersebut, hal-hal yang akan direncanakan terkait proses pendampingan berikutnya adalah sebagai berikut:
- Menyiapkan bahan yang dibutuhkan dalam pendampingan, meliputi jurnal hasil pemantauan belajar daring di LMS, jurnal pendampingan, daftar hadir, lembar observasi proses pembelajaran yang berpihak pada murid, dan instrumen pendampingan;
- Mendiskusikan capaian belajar selama sebulan terakhir untuk mengetahui kesiapan CGP dalam pendampingan;
- Mengajak CGP merefleksikan kemajuan komunitas praktisi yang telah terbentuk;
- Memberikan motivasi kepada CGP untuk terus mencoba praktik-praktik baik pembelajaran yang berpihak pada murid di kelas;
- Memberikan motivasi kepada CGP untuk terus mengembangkan diri dan orang lain dalam komunitas praktisi sekolah serta mengimplementasikan prakarsa perubahan diri, kelas, dan sekolah; dan
- Melakukan pendampingan pengelolaan dan pengembangan portofolio digital CGP;
- Melakukan pemantauan terhadap CGP terkait pembimbingan RPP kepada rekan sejawat;
- Melakukan refleksi survei umpan balik 360 derajat dan perubahan pembelajaran;
- Melakukan pemetaan aset; dan
- Mempersiapkan diri untuk lokakarya 6 dan 7.
Demikian tindak lanjut Pendampingan Individu 5 sebagai salah satu upaya menciptakan ekosistem sekolah yang menyenangkan. Tujuannya agar merdeka belajar dapat terwujud dengan baik.
Guru bergerak - Indonesia maju
Semangat!!!
Lampung, 30/06/2023
PP,
Heri Risdiyanto
Video pelaksanaan PI dapat dilihat di video berikut!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H