Lihat ke Halaman Asli

Uskub 2016

Diperbarui: 11 Juli 2016   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sudah ada yang tahu kabar si Uskub? 

Kalo orang-orang di luar sana lagi rame dengan topik macet di Brebes. Sampe-sampe adu pendapat dengan pak pres. Nah saya lebih tertarik bahas pak Uskub ini nih. Saya juga tidak tahu motivasi beliau mengadakan acara Dakwah Dalam Kubur yang akan digelar pada 6 Agustus di Madiun itu untuk apa. Uskub itu singkatan dari Ustadz Kubur. Nah beliau akan mengadakan semacam acara dzikrul maut. Saya terkejut ketika pertama kali melihat undangan acaranya dalam facebook, di bagian paling bawah tertulis "Seorang Utadz yang dikafani, diusung dalam keranda, lalu dimakamkan dalam liang lahat (kubur) layaknya orang meninggal, tanpa alat bantu pernafasan, kemudian memberikan Tausiahnya secara langsung dari dalam kubur" 

Saya masih bertanya-tanya motivasi dari acara ini apa? Mbok yo kalo mau inget mati ga harus di kubur beneran po, Ulama jaman dulu saja mengingat mati itu paling pol dengan membangun semacam galian kubur di samping rumahnya, kemudian mengaji tiap hari di dalam kubur tersebut, namun tidak  ditimbun dengan tanah.

Yang saya takutkan nanti, bisa-bisa muncul acara dzikrul maut, dimana semua yang hadir akan dimasukan kedalam kubur. Ngeri juga kan kelihatanya, yang tadinya mau nginget Allah di dalam kubur, malah jadi dikubur beneran. Duh duh.

Hemat saya, sebaiknya biasa-biasa waelah ibadah itu, biasa tapi pasti. Dzikrullah itu ndak harus masuk masuk ke liang lahat, Rasul itu sudah mencontohkan yang paling simple, misal dzikir dengan jemari atau tasbih atau dalam hati pun bisa. Sangat bisa. Daripada penghabiskan waktu gali-gali kubur, dan melahirkan citra buruk umat muslim, lebih baik dzikir saja sendiri dirumah. Sayapun juga agak ragu, takutnya yang datang ke acara itu bukan untuk dzikir, tapi untuk menghilangkan rasa keponya dengan acara yang agak menggelikan ini. Saya ketawa duluan deh.. hehehehe...

Salam Hangat 

KN




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline