Lihat ke Halaman Asli

4x6 Atau 6x4 ? halaaah... Ngapain Dipermasalahkan?

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Baru-baru ini sedang marak diperbincangkan atau bahkan diperdebatkan sistem matematika di Indonesia , tentang masalah ‘4x6 atau 6x4’ . Pastilah anda semua sudah paham bahwa soal seperti itu biasanya diberikan pada anak diusia sekolah dasar sederajat . Saya membaca di sosial media milik seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memposting hasil pekerjaan rumah(PR) adiknya , di sana jelas terlihat bahwa nilainya buruk karena masalah hitung-menghitung.

Pada foto terlihat bahwa ada sebuah soal matematika ‘4+4+4+4+4+4=...’ . Sebagai kakak , kita pasti akan mengajarkan cara tercepat mengerjakan soal tersebut yang bisa dipahami adik kita bukan ? Maka , mahasiswa tersebut mengajarkan bahwa ‘4+4+4+4+4+4 = 4x6 = 24’ yang menurutnya jumlah angka 4 adalah 6 . Namun , Guru dari adiknya menyalahkan jawaban tersebut dan membenarkan dengan 6x4 dengan memberi alasan dengan berfikir logika .

Menurut saya , dari masalah di atas jika soal seperti itu diberikan pada anak usia sekolah dasar sederajat dan jawaban 4x6 disalahkan dengan alasan harus menggunakan logika , itu salah besar karena anak seusia tersebut belum mampu menangkap suatu cara pengajaran dengan menggunakan logika . Seharusnya sebagai seorang guru , harus ada penjelasan yang mudah dimengerti oleh anak didiknya . Berbeda lagi jika awalnya sang guru sudah mengajarkan cara mengerjakan dengan contoh sebagai berikut :

2+2+2 = ... -> 2+2+2 = 2x3 = 6

namun karena angka tiga lebih besar maka harus diletakkan di depan

jadi 2+2+2 = 3x2 = 6 .

hasilnya sama saja sebenarnya -.-

Nah , jika diawal sudah diajarkan seperti itu mungkin anak didiknya akan paham , bukan main menyalahkan tanpa menjelaskan terlebih dahulu .

Tapi pada kesimpulan akhir saya , mana yang benar antara 4x6 atau 6x4 ? jawabannya adalah keduanya sama-sama benar , karena cara yang dipilih orang untuk mengerjakan berbeda-beda . Sama dengan persepsi . Maka , menurut saya tak ada yang perlu disalahkan dari kedua cara tersebut karena memang hasilnya sama saja , tergantung pemahaman masing-masing orang yang mengerjakan . sekian .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline