Lihat ke Halaman Asli

Kafa Hariroh

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Peran Psikologi dalam Perkembangan Siswa

Diperbarui: 28 Juni 2024   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejatinya, pendidikan merupakan suatu hal penting yang harus didapatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, pendidikan dalam konteks ini memiliki ranah yang lebih luas cakupannya, sebab pendidikan tidak hanya didapatkan ditempat formal saja seperti di sekolah, universitas atau tempat kursus lainnya. Pendidikan ini telah didapatkan oleh individu semenjak lahir ke dunia ini, sebab pendidikan pertama individu adalah interaksinya dengan orang tua atau individu lain yang berada di lingkungannya. 

Sehingga pendidikan  informal yang dilakukan sejak bayi inilah yang menjadi awal penting bagi perkembangannya. Perkembangan yang dimaksudkan adalah perkembangan dalam ranah kognitif, emosional dan sosial, motivasi, serta strategi belajar individu. 

Peran psikologi dalam ranah kognitif adalah membantu dalam siswa dalam memahami bagaimana siswa berpikir, belajar, dan memproses informasi yang didapatkan. Selanjutnya dalam ranah emosional dan sosial, psikologi berperan sebagai pengaturan kemampuan siswa dalam mengelola emosi, membentuk hubungan sosial, dan mengembangkan identitas diri, yang mencakup pengembangan keterampilan sosial, empati, dan rasa percaya diri. 

Peran psikologi dalam ranah motivasi adalah untuk membantu siswa dalam menemukan faktor yang mampu meningkatkan atau mendorong motivasinya serta keterlibatan dirinya dalam belajar. Selaras dengan itu, psikologi juga memiliki pengaruh dalam hal strategi belajar individu atau siswa, dimana pada hal ini, psikologi membantu pendidikan dalam menyesuaikan program atau strateginya sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga diharapkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dapat terwujud. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline