Lihat ke Halaman Asli

Masalah Wajah Saat Pandemi

Diperbarui: 12 Maret 2021   01:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di masa pandemi ini, banyak sekali keluhan yang datang dari masyarakat, khususnya remaja baik itu remaja putri maupun putra. Keluhan ini terkait dengan masalah kulit wajah yang muncul saat pandemi yaitu jerawat dan iritasi kulit.

Di era new normal ini, mengharuskan kita menggunakan masker kemanapun kita pergi untuk melindungi diri kita. Penggunaan masker secara terus menerus ini lah yang menjadi salah satu penyebab munculnya masalah wajah.

Menggunakan masker dalam jangka waktu yang lama akan membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker. Hal ini dapat memicu iritasi dan peradangan pada kulit yang kemudian memicu munculnya jerawat.

Ketika berbicara dan menghela napas saat memakai masker dapat menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah berkeringat dan lembap. Kondisi lembap ini bisa mengundang kuman dan bakteri berkembang biak di wajah kita.

Kombinasi antara iritasi, peradangan, dan berbagai kuman pada kulit merupakan ramuan yang sangat pas untuk memunculkan penyakit kulit, seperti biang keringat, eksim, dermatitis seboroik, rosacea, termasuk jerawat. 

Untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit wajah seperti iritasi, peradangan, jerawat dan yang lainnya karena menggunakan masker ada beberapa hal yang bisa di lakukan, seperti:

1. Bijak dalam Menggunakan Masker

Untuk kamu yang suka menggunakan masker bedah, perlu diperhatikan waktu penggunaannya. Jika dirasa masker sudah terlalu lembab, itu berarti masker harus segera diganti. Itu sebabnya harus selalu ingat untuk membawa masker cadangan saat bepergian.

Bagi yang kulitnya sensitif, ada baiknya menggunakan masker berbahan katun. Walau menggunakan masker kain, kebersihannya perlu diperhatikan juga. Mencuci masker dengan air panas dapat membunuh kuman yang menempel pada masker.

2. Rajin Membersihkan Wajah

Setelah seharian menutup wajah dengan masker, selalu biasakan untuk mencuci muka dengan menggunakan sabun yang cocok dengan kulit kita. Ini berguna untuk membersihkan kotoran dan kuman yang terdapat di pori-pori.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline