Lihat ke Halaman Asli

Keyza Cynthia

Mahasiswa

Generasi Z: Menghadapi Stres dengan Bijak

Diperbarui: 15 Desember 2023   18:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Banyak tuntutan kehidupan yang seringkali mengganggu kita entah itu fisik maupun psikis. Terdapat kabar bahwa Generasi Z atau Gen Z adalah generasi paling stres dibanding dengan generasi-generasi lain. Sebelum mengetahui bagaimana cara mencegahnya, Apa sih penyebab stres yang sering melanda Generasi Z? 

Sebagian besar dari kehidupan Gen Z berkaitan dengan teknologi, seperti media sosial. Individu yang menghabiskan waktunya lebih banyak di media sosial cenderung memiliki kesehatan mental yang buruk. Disamping banyaknya manfaat dari media sosial, tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial juga ada sisi negatifnya. Penyebab lainnya yaitu banyak dari Gen Z merasa tertekan karena pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan passion mereka. Disamping itu, masih ada banyaknya pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan.

Stres bisa menjadi salah satu pacuan seseorang untuk lebih meningkatkan kinerja. Namun, sebagian merasakan bahwa stres seringkali mengganggu dalam kehidupan sehari-hari. Untuk tidak menjadikannya masalah yang serius, perlu diketahui apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan kehidupan yang seimbang dan bahagia. 

  1. Mengelola Stres

Setiap individu perlu mengetahui darimana sumber stres yang mereka rasakan. Selain itu, setiap individu bisa melakukan beberapa upaya untuk mengelola stres seperti, mendengarkan musik, menonton film, mengkonsumsi makanan/minuman favorit, serta bercerita dengan teman untuk membagi perasaan yang dimiliki dan mendapatkan dukungan.

  1. Menjaga Pola Hidup

Dengan menjaga pola hidup yang sehat, setiap individu dapat memiliki kesehatan emosional yang lebih baik. Beberapa yang dapat dilakukan untuk memiliki pola hidup yang sehat yaitu olahraga secara teratur, pola makan sehat, dan tidur cukup.

  1. Manajemen Waktu

Melakukan manajemen waktu seperti, membuat to do list dan menetapkan prioritas dalam setiap tanggung jawab akan sangat membantu. Sehingga, setiap individu dapat mempersiapkan diri dengan baik dan tidak merasakan kecemasan yang berlebihan.

  1. Istirahat dan Berlibur

Setelah melewati hari-hari sibuk beraktivitas, jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat dan bersantai pada diri-sendiri. Ini adalah bentuk penghargaan pada diri setelah bekerja keras.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline