Lihat ke Halaman Asli

Mendengarkan Musik Dapat Menambah Semangat Seseorang

Diperbarui: 10 Januari 2024   18:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Musik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan dapat memberikan mentalitas dan mood yang baik bagi pendengarnya. Seringkali, orang mendengarkan musik ketika sedang patah hati, resah, bahagia, santai dan pendengarnya pun akan memilih musik yang relate denga apa yang ia rasakan. 

Musik juga bermanfaat bagi siapa saja yang mendengarnya, entah itu orang tua, remaja, anak -- anak, balita dan bahkan bayi sekalipun. Musik merupakan salah satu seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia lewat keindahan suara dan alunan dalam konsep tertentu.

Didalam buku Great Book About Music Al -- Farabi, mengatakan bahwa "Musik membuat rasa tenang atau nyaman sebagai Pendidikan moral, mengendalikan emosi, pengembangan spiritual dan menyembuhkan gangguan psikosomatik." Kutipan tersebut memang benar. Dengan mendengarkan Musik, kita dapat merasakan apa yang dirasakan pada waktu tertentu. 

Maka dari itu, perlu adanya moodbooster atau penyemangat bagi seseorang, dan contohnya adalah kita sebagai Mahasiswa, agar bisa tetap semangat dalam menjalani hari -- hari sebagai bagian dari civitas akademika. Karena dengan mendengarkan musik, seseorang akan mendapatkan asupan semangat yang baik juga memberikan energi -- energi positif yang membangun. Saat sedang merasa sedih, emosi, senang dan ingin tenang itu memerlukan moodbooster yang dapat mengubah kondisi perasaan tersebut untuk menjadi lebih bersemangat dalam mengerjakan pekerjaan rumah, tugas dan hal lainnya. 

Tak jarang seseorang bisa berubah menjadi lebih bersemangat ketika ia telah mendengarkan musik atau lagu favoritnya.

Untuk memperbaiki mood pada pagi hari, dapat mendengarkan Musik yang penuh semangat atau bahkan lagu favorit. Mendengarkan lagu favorit biasanya mampu mengubah perasaan kita dari yang awalnya kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari -- hari menjadi lebih bersemangat. Dan secara tidak sadar maupun sadar sebenarnya Musik sangat memengaruhi kondisi pikiran kita. 

Musik terdiri dari musik pengiring dan lirik lagu, ketika lagu berisi lirik kata -- kata yang membuat kita semangat seperti lagu dari Tulus yang liriknya berisi " Manusia manusia kuat itu kita, jiwa -- jiwa yang kuat itu kita" lirik lagu tersebut dapat menimbulkan motivasi tersendiri untuk pendengarnya. Tidak hanya lirik, iringan lagu juga dapat menyebabkan perubahan pada

kondisi pikiran dan perasaan seseorang. Musik atau lagu dengan tempo yang lambat, biasanya akan membuat pendengarnya terharu dan bahkan sedih.
Pada dasarnya, mendengarkan Musik telah menjadi sarana yang cukup efektif untuk menambah semangat dalam menjalani hari. 

Kendati demikian, selain mendengarkan musik, memainkan alat musik juga mampu mengubah mood, kondisi pikiran dan perasaan yang sedang di alami. Terbukti juga dengan adanya terapi Musik yang sudah mulai dilakukan, Musik yang dimaksud tidak hanya Musik yang bersumber dari alat musik. Tetapi, suara manusia yang paling ampuh untuk mngubah kepedihan dan rasa sakit yang ada dalam diri seseorang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline