Lihat ke Halaman Asli

Saeful Rayhar Rosiddin

Mahasiswa Universitas Jendral Achmad Yani

Implementasi Nilai Kedisiplinan dan Kejuangan Jendral Achmad Yani di Lingkungan Kampus

Diperbarui: 20 Juni 2024   07:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Jenderal Ahmad Yani, pahlawan nasional Indonesia, dikenal karena disiplin dan keberaniannya. Nilai-nilai tersebut penting dalam membentuk karakter individu, bahkan di lingkungan kampus. Penerapan nilai-nilai Jendral Ahmad Yani di lingkungan kampus penting dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut pada diri mahasiswa.

Kejujuran dan kedisiplinan merupakan salah satu nilai antikorupsi yang perlu ditanamkan pada setiap individu sejak dini. Sebuah penelitian menemukan bahwa mahasiswa memandang Jenderal Ahmad Yani sebagai sosok yang disiplin, patriotik, altruistik, dan nasionalis. Nilai-nilai tersebut penting dalam membentuk karakter mahasiswa di lingkungan kampus.

Tecantum dalam buku yang berisi sejarah Jendral Achmad Yani mengerucut untuk menyoroti pentingnya karakter yang sejalan dengan nilai-nilai disiplin, cinta tanah air, dan keberanian Jenderal Ahmad Yani. Buku ini juga membahas tentang penerapan nilai-nilai disiplin dan keberanian yang dilakukan Jenderal Ahmad Yani, termasuk pentingnya nilai-nilai disiplin dan kepemimpinan dalam membentuk karakter individu.

Artikel ini bertujuan untuk membahas implementasi nilai-nilai kedisiplinan dan kepemimpinan mahasiswa di lingkungan kampus. Penerapan nilai-nilai Jendral Ahmad Yani di lingkungan kampus sangat penting dalam membentuk karakter mahasiswa dan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, cinta tanah air, pengorbanan dan cinta tanah air.

Metode

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan penelitian kepustakaan dan wawancara terhadap beberapa mahasiswa di kampus yang menganut nilai-nilai kedisiplinan dan perjuangan Jenderal Achmad Yani. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang berupaya memahami makna dan pengalaman, perilaku, dan fenomena sosial manusia. Ini biasanya digunakan dalam ilmu sosial dan melibatkan pengumpulan dan analisis data , seperti kata-kata, gambar, dan observasi. Penelitian melibatkan analisis mahasiswa mengenai topik tertentu.

Hasil Penelitian dan Kesimpulan

Hasil penelitian dan pengambilan data. Hasil analisis , nilai kedisiplinan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Kegigihan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Keberanian berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Kedisiplinan, kegigihan dan keberanian secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa

Daftar Pustaka

https://www.unjani.ac.id/perpustakaan-universitas-jenderal-achmad-yani-selenggarakan-bedah-buku-pendidikan-keachmadyanian/

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline