Lihat ke Halaman Asli

Kevin Tiffany

Mahasiswa

Lebaran Zaman Now: Menonton FIlm Saat Lebaran

Diperbarui: 22 April 2024   07:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari raya idul fitri adalah waktu di mana anggota keluarga dapat berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Beberapa dari masyarakat memiliki berbagai tradisi dan budaya saat hari raya idul fitri tiba, seperti makan ketupat, berkunjung ke rumah saudara, mudik, dan lain-lain. 

Namun tidak dipungkiri, dengan adanya perkembangan teknologi yang sudah semakin maju, membuat banyak juga budaya yang berubah, salah satunya adalah menonton film saat hari raya idul fitri tiba.

Film adalah media yang bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada orang banyak. Pada zaman yang sudah maju ini, film menjadi salah satu hiburan yang sangat mudah untuk digapai. FIlm sendiri memiliki banyak sekali genre yang membuat penonton memiliki banyak pilihan untuk menonton film. Dari romansa, drama, komedi, horor, sains fiksi  hingga masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Budaya menonton film ini dirasakan oleh Calysta salah satu warga Bandung, "Iyaa, di saat lebaran gini, karena di sini udah nggak ada sodara lagi, jadi pasti satu keluarga langsung nonton film di bioskop" (11/04/2024)

Calysta juga menceritakan budaya keluarganya yang dilakukan semenjak 2022 itu, "Kan saat lebaran itu waktunya kumpul, meskipun nggak pulang ke kampung halaman, tapi beberapa keluarga yang di sini, biasanya pada janjian buat nonton, apalagi film-film yang dirilis itu pada asik-asik, entah di tv ataupun di bioskop"

Tidak dipungkiri dengan adanya perkembangan zaman, berbagai rumah produksi film sering sekali merilis film-filmnya pada saat lebaran. Salah satu contoh film yang dirilis pada saat lebaran 2024 diantaranya "Dua Hati Biru" yang disutradarai oleh Ginatri S. Noer., "Badarawuhi di Desa Penari" yang disutradarai oleh Kimo Stamboel, lalu ada "Siksa Kubur" yang disutradarai oleh Joko Anwar, dan masih banyak film lainnya.

Selain pada layar lebar, ada beberapa film Indonesia maupun luar negeri yang di putar pada saluran televisi nasional, seperti film "Mencuri Raden Saleh" yang dirilis pada tahun 2022 namun diputar di televisi nasional pada hari raya idul Fitri yaitu 10 April 2024. Selain layar lebar dan saluran televisi ada beberapa film yang dirilis saat berbagai platform video berlangganan untuk menghibur masyarakat saat waktu berkumpul.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline