Lihat ke Halaman Asli

Kevin Siadari

Mahasiswa

Keajaiban Terkubur Sampah, Krisis dan Solusi di Danau Toba

Diperbarui: 3 Juli 2024   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Adobe stock | ilustrasi Danau Toba

Danau Toba adalah salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia yang masih menghadapi masalah serius berupa tumpukan sampah dan tumbuhan eceng gondok yang memberi kesan buruk di sekitar danau. Sampah yang dibuang oleh masyarakat, pedagang, wisatawan ataupun oknum lain memberikan dampak buruk terhadap wisatawan maupun masyarakat sekitar.

Sampah yang dibuang sembarangan tidak hanya mengganggu kebersihan danau, tetapi juga berpotensi menimbulkan penyakit dan merusak pemandangan bagi wisatawan yang datang. Danau Toba kini menghadapi masalah serius yang mengancam ekosistem dan kesejahteraan masyarakat setempat dengan tumpukan sampah yang semakin mengkhawatirkan.

Tersebarnya tumbuhan eceng gondok yang menumpuk di sekitaran Danau Toba menyulitkan pihak pemerintah melakukan pembersihan. Tumbuhan eceng gondok yang berkembang biak secara cepat memberikan berbagai dampak terhadap salah satu kepingan surga Indonesia ini.

Dampak Negatif Tumpukan Sampah dan Eceng Gondok

Permasalahan sampah di Danau Toba memberikan dampak negatif yang signifikan. Dari segi ekologis, sampah jenis plastik dapat mencemari air dan merusak habitat bagi flora dan fauna yang hidup di dan sekitar danau. Sampah plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai dan sering kali berakhir dimakan oleh satwa air. Hal tersebut yang menyebabkan kematian dan gangguan kesehatan pada ekosistem air di Danau Toba. Sampah yang menumpuk juga mengurangi kadar oksigen dalam air yang sangat dibutuhkan oleh ikan dan organisme lainnya untuk bertahan hidup.

Perkembangbiakan eceng gondok di danau juga mengurangi kadar oksigen dalam air. Hal ini disebabkan karena perkembangbiakan eceng gondok membutuhkan kadar oksigen dalam air. Semakin banyaknya eceng gondok dan sampah menjadi masalah besar. Tinggi air dari Danau Toba akan semakin menurun karena penumpukan sampah dan perkembangbiakan dari eceng gondok.

Selain itu, sampah juga berdampak langsung pada kesehatan manusia. Kondisi ini sangat memprihatinkan karena Danau Toba memiliki peran penting sebagai sumber air bersih, kegiatan pertanian, pariwisata, dan transportasi air.

Air yang tercemar oleh sampah dapat membawa berbagai penyakit, seperti diare, infeksi kulit, dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri dan zat berbahaya yang terkandung dalam sampah. Masyarakat yang bergantung pada air danau untuk keperluan sehari-hari, seperti memasak, mandi, dan mencuci, berada pada risiko tinggi akan terkena dampak negatif ini.

Dari segi pariwisata, sampah yang menumpuk mengurangi daya tarik Danau Toba sebagai destinasi wisata. Wisatawan yang melihat sampah berserakan di danau dan sekitarnya tentu akan merasa kecewa dan enggan untuk kembali berkunjung. Penurunan jumlah wisatawan ini berimbas langsung pada pendapatan masyarakat yang bergantung pada sektor pariwisata, seperti pengelola hotel, restoran, pedagang setempat dan pemandu wisata. Hal ini menjadi sangat ironi, mengingat pariwisata adalah salah satu sektor vital bagi perekonomian masyarakat di sekitar Danau Toba.

Penyebab Masalah Sampah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline