Dalam penelitian ini, SME Strategy berpengaruh secara signifikan terhadap ecommerce adoption. Salah satu strategi yang diterapkan UKM saat ini adalah untukmenunjang kegiatan pemasaran secara online (ecommerce). Strategi UKM ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan, intensif dan mengurangi biaya hubungan antar pelaku bisnis dengan entitas eksternal lainnya seperti pemasok, distributor, rekanan, konsumen dibandingkan dengan cara konvensional.
UKM yang sudah mengadopsi e-commerce dalam aktivitas usahanya, disarankan untuk terus mengupdate situs web ataupun situs market place yang sudah dimiliki untuk dapat terus berhubungan dengan konsumen dalam meyakinkan konsumen bahwa situs UKM tersebut benar-benar ada dan dapat terus meningkatkan penjualan produk nya
UKM diharapkan dapat memperhatikan nilai-nilai dan budaya bisnis khusus nya di Indonesia karena kedua hal tersebut merupakan alat kontrol dan sebagai aturan yang normatif. Perhatian terhadap kedua aspek tersebut akan (1) memberikan arah bagi pengembangan bisnis, dengan cara menggali/mengevaluasi visi, misi dan struktur organisasi.
(2) mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas.
(3) akan mengembangkan kualitas barang dan jasa .
(4) akan memotivasi UKM untuk mencapai prestasi tertinggi sehingga tanggung jawab moral terjamin dan pertumbuhan serta perkembangan industri bisnis ini menjadi tanggung jawab bersama.
Bagi pemerintah maupun perusahaan ecommerce disarankan bisa memfasilitasi pembuatan web bagi UKM, mengingat masih banyaknya para pelaku UKM yang masih belum mengenal adanya web, serta memberikan pelatihan bagi UKM untuk lebih mengenal e-commerce serta seluk beluk pemasaran melalui internet, mengingat kontribusi UKM terhadap devisa Negara yang cukup besar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H