Identifikasi Sekolah: Pembelajaran Matematika di SD 1 Banaran
Oleh: Kevin Alexander Josa Sudarmono
Pendidikan dasar memainkan peran penting dalam membentuk dasar pengetahuan siswa. Salah satu mata pelajaran krusial adalah Matematika, dan artikel ini akan mengulas proses pembelajaran Matematika di SD 1 Banaran pada kelas 3 SD pada semester ganjil.
1. Data Sekolah dan Pembelajaran Matematika
- Sekolah: SD 1 Banaran
- Mata Pelajaran: Matematika
- Kelas/Semester: 3 SD/Ganjil
- Fase: B
- Materi Pokok: Bilangan
- Alokasi Waktu: 1 Minggu x 2 jam pelajaran @ 35 Menit
- Jumlah Peserta Didik: Maksimal 20 Siswa
- Target Peserta Didik: Reguler
- Model Pembelajaran: Problem Base Learning (PBL)
2. Kompetensi Awal
Peserta didik diharapkan sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai Bilangan sebelum mengikuti pembelajaran ini.
3. Profil Pancasila
Pembelajaran tidak hanya mencakup aspek akademis tetapi juga pengembangan sikap siswa. Dalam konteks ini, nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, mandiri, dan berpikir kritis, diperkenalkan sebagai bagian integral dari proses pembelajaran.
4. Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)
- Sarana: Ruang Kelas, Alat tulis, Buku tulis.
- Prasarana: Buku paket Matematika kelas 3 SD dan Modul Ajar